Kamis, 13 Januari 2011

Mengenal Kura-Kura Ambon

Salah satu hobi yang akhir-akhir ini berkembang dengan pesat adalah mempunyai binatang peliharaan. Dulu, jika mendengar binatang peliharaan maka yang terbayang hanyalah kucing, anjing, ikan dan berbagai macam burung atau unggas. 

Tapi coba sekarang tengok di toko-toko khusus binatang peliharaan. Saat ini terdapat berbagai macam hewan yang bisa dipelihara seperti ular, hamster, katak, kadal dan masih banyak lagi termasuk juga Kura-Kura Ambon.





Sekilas Kura-kura Ambon
Kura-kura Ambon atau Cuora amboinensis biasa disebut juga dengan kura batok, kura dada, kura kotak dan kura katup. Merupakan salah satu jenis kura-kura yang banyak dijual di pasaran.
Walaupun bernama kura-kura Ambon namun ditemukan juga di daerah Sulawesi, Sumatra dan beberapa Negara seperti Thailand, Pilipina, Malaysia dll.

Kura-kura Ambon termasuk kura-kura semi akuatik. Artinya hidup dengan habitat campuran antara darat dan air. Di habitatnya, kura-kura Ambon tinggal di dekat sungai atau sawah dengan berlindung pada rumput atau tumbuhan ada di sepanjang sungai.
Kura-kura Ambon menyukai ikan kecil, udang dan cacing. Kura-kura Ambon peliharaan dapat ditambahkan makanan berupa sayuran ditambah pelet.
Bentuk fisik kura-kura Ambon mempunyai cankang (carapace) seperti kotak dengan berbagai variasi bentuk tinggi dan rendah. Mempunyai warna kekuningan di sekitar wajah sampai leher dengan diselingi garis hitam pada wajah.

Perawatan Kura-kura Ambon
Sama dengan jenis kura-kura semi akuatik lainnya, memelihara kura-kura Ambon memerlukan ketelitian dan kesabaran. Mulai dari tempat tinggal, tempat makan dan perawatan harus dilakukan secara professional agar tidak cepat mati karena sakit atau ‘kecelakaan’.
Anda bisa menanyakan cara perawatan yang tepat kura-kura Ambon pada penjualnya. Sebagai tambahan, Anda pun dapat mencari referensi tentang perawatan dan pemeliharaan kura-kura  Ambon agar dapat bertahan hidup lama dan sehat.

Perlindungan
Hal yang perlu diperhatikan selain perawatan adalah asal dari kura-kura Ambon yang akan dibeli. Kebanyakan kura-kura Ambon yang dijual berasal dari penangkapan di habitat aslinya. Hal ini tentu saja akan mengganggu keseimbangan alam. Alangkah lebih baik jika Anda membeli kura-kura Ambon hasil penangkaran.

Untuk Anda yang ingin memilih kura-kura Ambon sebagai hewan peliharaan sebaiknya dipikirkan ulang antara budget dan perawatan kura-kura nantinya. Karena akan sia-sia saja jika sudah keluar uang cukup banyak namun kura-kura Ambon yang dipelihara mati lebih cepat dari perkiraan umur seharusnya.
Jika Anda termasuk orang yang tidak sabar dan telaten dalam perawatan hewan, pilih saja hewan yang tidak membutuhkan perawatan khusus dan merepotkan.