Selasa, 05 April 2011

Pembenihan dan Budidaya Ikan Black Ghost

Ikan hantu (Black ghost) merupakan ikan hias yang berasal dari sungaiAmazon, Brasil, Amerika Selatan. Tubuhnya berwarna biru kearah ungu tuahingga kehitaman dan kadang-kadang terlihat hitam pekat. Ciri fisiklainnya adalah terdapat beberapa goresan atau garis putih pada bagianekomya dan garis putih dari dahi hingga ke dagu (leher). Bentuk tubuhblack ghost seperti pipa pipih dengan panjang 26-48 cm. Ikan inidicirikan dengan bersatunya sirip dada dan sirip perut. Sirip yangmenyatu ini memanjang dari dada hingga pangkal ekor. Pada saat berenangatau ada aliran air, sirip ini berkibar-kibar sehingga membuat dayatarik tersendiri. Walaupun bertubuh hitam, ikan ini mempunyai sifatyang baik, tenang, tidak galak dan tidak suka mengganggu ikan lainnya.Sehingga dapat hidup tenang jika dicampur dengan jenis ikan lainnya.

Aktivitasikan ini lebih banyak dilakukan di malam hari (nokturnal), sehinggapada siang hari ikan ini lebih suka bersembunyi di bebatuan, daun-daun,akar tanaman, atau benda lainnya di dasar sungai. Dilihat darikebiasaan berenangnya, ikan ini cenderung lebih banyak menghabiskanwaktunya di dasar sungai. Namun yang masih kecil akan berenang ke atasdan ke bawah perairan dengan lincahnya.


PEMBENIHAN BLACK GHOST

Membedakaninduk black ghost jantan dan betina dapat dilakukan dengan melihatpenampilan fisiknya. Induk jantan dengan dagu dan badan panjang sertalurus,sedangkan indu betina pendek dan terlihat gemuk serta lebihbesar. Untuk dijadikan induk sebaiknya dipilih black ghost yang telahberumur lebih dari satu tahun atau yang mempunyai panjang antara 7-8inci (20 - 30 cm).

Secara umum pemijahan black ghost dapat dilakukandengan dua macam, yaitu secara massal dan berpasangan. Pembenihansecara massal ikan Black ghost, dipijahkan dalam kolam atau bak fiberukuran 2,5 x 1,5 x 0,5 m, diisi 20 ekor induk dengan perbandinganjantan : betina adalah 8:12. Sedangkan pembenihan yang berpasanganumumnya dilakukan di akuarium ukuran 100 x 50 x 40 cm, diisi 7 ekorinduk dengan perbandingan 3 induk jantan dan 4 induk betina, atau diisi5 ekor induk dengan 2 induk jantan dan 3 induk betina. Tempatpersembunyian merupakan salah satu perlengkapan penting yang dibutuhkandalam pemijahan, dapat berupa pralon yang berukuran besar disesuaikandengan ukuran induk black ghost. Akuarium tersebut dilengkapi denganaerator untuk menambah ketersediaan oksigen dalam air.

Pakanyang diberikan adalah cacing darah (bloodworm) dan jentik nyamuk, yangberfungsi untuk mempercepat penuaan telur. Tempat bertelur dapatdigunakan pakis, berkaitan dengan aktivitas black ghost pada malam harimaka peletakkan pakis sebaiknya dilakukan pada sore hari. Pakisdiletakkan diantara dua keramik dan diantara pakis dan keramik diberibatu, agar telur-telur dapat masuk ke sela-sela pakis dan dapatterhindar dari mangsa induk jantan. Pengambilan sarang dan telurnyahams sepagi mungkin sebelum matahari terbit. Jumlah telur black ghost500-1000 telur.

Dalam waktu 3-4 hari telur black ghost akanmenetas. Namun hanya telur fertile saja yang akan menetas. Telur yangfertile ditandai dari warnanya yang kuning cerah dan diliputi lendir.Sementara telur yang steril berwarna putih susu tidak akan menetas.Dengan bertambahnya umur, anak black ghost berubah warna dari putihmenjadi hitam, dan bersembunyi pada pakis bekas telur. Diberi pakankutu air atau nauplii Artemia.


PEMBESARAN (BUDIDAYA) BLACK GHOST

PembesaranBlack Ghost biasanya dilakukan dalam akuarium dimana ukuran antara 3-4inci. Ukuran akuarium disesuaikan dengan jumlah dan ukuran anak blackghost yang akan dibesarkan. Sebagai contoh akuarium berukuran 100 x 35x 50 cm dapat diisi anak black ghost yang baru menetas 3-4 harisebanyak 200 - 250 ekor. Kualitas air yang cocok bagi kehidupan blackghost adalah : suhu 26 -27� C ; pH 6 -7 dan kekerasan 6 -10� dH.Untuk mengetahui kesiapan air yang akan digunakan untuk pembesaranblack ghost maka dapat diuji dengan melihat reaksi ikan. Caranya,masukkan 1 -3 ekor black ghost ke dalam akuarium yang telah diisi air.Apabila black ghost langsung bersembunyi bararti air tersebut telahdapat digunakan. Namun bila black ghost naik ke permukaan dan terlihatlemas berarti air tersebut belum siap digunakan. Perlengkapan utamayang harus ada dalam akuarium pembesaran adalah aerator dan tempatpersembunyian. Untuk tempat persembunyian dapat digunakan akar bakau,pralon, roster bata, plastik gelombang dan daun bacang atau daunketapang kering.. Pakan yang diberikan biasanya berupa cacing darah(blood worm) yang kadang disebut juga cacing super, banyak dijual dalambentuk beku, atau cacing sutera dan jentik nyamuk. Pemberian pakan yangtepat untuk black ghost ini pada sore hari, kurang lebih 3 -4 % daribobot tubuh ikan, hal ini mengingat black ghost merupakan binatang yangaktivitasnya pada malam hari sehingga aktivitas makanpun lebih banyakdilakukan pada malam hari. Black ghost termasuk jarang mengeluarkankotoran, sehingga pembersihan air termasuk jarang dilakukan. Saat ini,eksport black ghost yang terbanyak adalah ke Jepang. Untuk negara lainsudah ada permintaan walaupun masih dalam jumlah sedikit. Namunberapapun jumlah black ghost yang dikirim, asal kondisi sesuai denganpermintaan, importir tetap menerima. Untuk pasar lokal, permintaan ikanhias ini cenderung stabil. Kondisi di Indonesia, pasar black ghost yangramai dan banyak diminati adalah dari pemijah ke pembesar dan daripembesar ke eksportir.

Source : http://ikan-ikan-hias.blogspot.com