Sabtu, 03 November 2012

Usaha Ternak Kambing Etawa


Usaha Ternak Kambing Etawa
Usaha Ternak Kambing Etawa

Usaha Ternak Kambing Etawa memang sudah menjadi salah satu cara yang benar-benar menjanjikan untuk dilibatkan dalam bisnis. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang bisa dijadikan pegangan bisnis dalam waktu yang lama. 


Kambing etawa mempunyai produktivitas menarik dalam hal produk susunya. Susu kambing etawa mempunyai banyak manfaat positif dan harga yang ditawarkan relatif mahal. Jadi, anda tak perlu takut menuai banyak kerugian, namun yang pasti dengan beternak kambing etawa, anda akan mendapatkan hasil yang lumayan menggiurkan. J

Kambing etawa juga bisa beradaptasi dengan iklim Indonesia. Tak heran apabila banyak pebisnis yang memburu usaha ternak kambing etawa. Dalam hal daging, kambing etawa juga lebih unggul dan mempunyai kualitas dengan kategori salah satu yang terbaik. Dengan berat atau bobot kambing yang mencapai 45 hingga 70 kg pada kambing betina, anda bisa mendapati kambing etawa menghasilkan 1 hingga 3 liter susu perhari.

Cara ternak kambing etawa

Tahap pemilihan bibit

Pada tahap pertama dalam usaha ternak kambingetawa, anda harus melakukan pemilihan bibit yang sehat, tidak cacat fisik,bulu bersih, dada yang lebar, serta berasal dari keturunan induk yang tidak sedarah.

Sedangkan bibit kambing jantan eawa ang baik haruslah berpostur tinggi, besar, dan gagah. Berkaki panjang dan tumit yang tinggi, serta alat kelamin yang normal serta nafsu seks yang benar-benar baik. Dalam pemilihan bibit kambing etawa betina, ada beberapa hal juga yang harus anda perhatikan. Beberapa kriteria diantaranya alat kelamin normal, mempunyai ambing yang simetris, serta kenyal dan tak ada bekas luka.

Tahap perkawinan

Dalam tahapan Usaha ternak kambing etawa ini, anda akan menemukan dua cara dalam proses perkawinan, yaitu kawin suntik dan kawin alam. Kawin suntik adalah kawin yang dilaksanakan dengan cara memasukkan sperma ke dalam kelamin si betina. Sperma yang dimasukkan adalah sperma beku sehingga mutu genetiknya terjamin. Kawin yang kedua adalah kawin alam. Perkawinan ini terjadi secara alamiah dengan memasukkan kambing betina ke kandang pejantan selama dua hari.

Setelah terjadi tahap perkawinan maka kambing etawa akan melewati masa bunting kambing selama 5 bulan, anak yang baru lahir segera disusukan pada induknya agar mendapatkan colostrum yang berguna bagi pembentukan kekebalan tubuh. Selain Usaha ternak kambing etawa, anda juga bisa melihat analisa ternak kambing potong.

www.jendelahewan.blogspot.com