Sabtu, 03 November 2012

Usaha Ternak Lovebird Koloni

Usaha ternak lovebird koloni
Usaha ternak lovebirdkoloni
Tips Usaha ternak lovebird koloni adalah sistem peternakan lovebird yang mengumbar burung dalam sangkar besar. tentu berbeda dengan cara ternak lovebird lutinoyang menyendiri. 


Serta, dalam proses ternak sistem koloni, ada pula tempat untuk mereka bertelur atau yang sering disebut dengan glodok. Dalam satu glodok sebainya dipasang satu pasang lovebird dan apabila ada 10 ekor berarti kita harus menyiapkan 5 glodok. Dalam ternak sistem koloni, anda akan menemukan dua hal yaitu kerugian serta kelebihannya.

Ternak dengan Sistem Koloni

Kelebihan dengan melakukan usaha ternak lovebird koloni adalah peternak biasanya mengumbar semua burung dalam sebuah sangkar yang teramat besar. tak hanya itu, para peternak akan membebaskan Lovebird dalam memilih pasangannya sendiri. Untuk penyediaan tempat makan dan minum, para peternak hanya memberikan satu buah tempat makan dan minum yang besar. Dalam membersihkan sangkar juga lebih praktis.

Kerugian besarnya dalam usaha ternak lovebirdkoloni adalah ketika ada loverbird yang terserang penyakit. Maka, besar kemungkinan loverbird yang lain juga akan tertular dan berpotensi mendatangkan kematian. Kerugian yang lain akan terjadi apabila ada indukan yang telah menetaskan anak, tentu dia akan memberi makan si anak dengan meloloh. Nah, ketika usaha ternak koloni diterapkan, banyak lovebird lain yang mengganggu sehingga si anakan lovebird tidak jadi makan dan berakibat kematian.

Sehingga dalam usaha ternak lovebird koloni, anda harus benar-benar melakukan pendekatan intensif setiap harinya. Tak Cuma itu, jangan sampai anda kehabisan vaksin pembersih bakteri karena semua penyakit bisa datang kapan saja. J

Usaha ternak lovebird koloni biasanya dimulai ketika usia di atas 7 bulan. Pilihlah lovebird betina yang tidak cacat, agar anakan dapat lahir dengan sempurna. Serta, pilih juga burung lovebird yang lincah, dan benar-benar aktif.

Dalam sistem koloni, anda juga perlu menerapkan alas glodok bagi anakansangat diperlukan. Dengan alas glodok yang baik agar kandang lovebird bisa terjaga dengan baik. Usahakan glodok harus diberi alas, karena kalau tidak, lovebird akan sulit dalam berdiri. Alas untuk glodok menjadi syarat utama untuk usaha ternak lovebird koloni karena jika glodok tidak diberi alas akan biasanya akan menyebabkan cacat pada kakinya.

www.jendelahewan.blogspot.com