Kamis, 28 Oktober 2010

MANFAAT NGEBLOG BAGI KITA (blogger)

Nge-Blog, merupakan aktivitas yang sangat saya suka sekarang ini, karena dengan nge-blog kita dapat menambah wawasan kita, bagi orang yang belum tahu tentang apa itu nge-blog dan apa saja manfaatnya atau kegunaannya? karena jika orang itu sudah merasakan dan melihat apa saja hasil dari orang yang melakukan aktivitas blogging/nge-blog maka dia akan merasa ketagihan, dan akan melakukannya terus menerus sampai dia menjadi apa yang ia mau.


Di dunia maya (Internet) ada beberapa situs yang menyediakan layanan untuk membuat blog, salah satunya adalah BLOGGER, blogger adalah sebuah situs yang melayani pembuatan blog dengan gratis tanpa berbayar, contoh saja alamat blog ini http://ceef88.blogspot.com, lalu inilah beberapa manfaat atau keuntungan nge-blog untuk para blogger.
i_love_blogging
1. MENDAPATKAN PENGHASILAN

Mendapatkan Penghasilan??? mungkin jika orang yang tidak tahu aktivitas nge-blog bisa mendapatkan uang pasti tidak akan percaya, karena mereka pasti bertanya-tanya "BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA??" mungkin jika kita menjelaskannya secara terperinci mereka pasti tidak akan memahaminya, jika mereka tidak mencobanya sendiri.

2. MENDAPATKAN TAMBAHAN INFORMASI

Nge-Blog memang bisa dapat menambahkan wawasan kita, karena jika kita melakukan BLOGWALKING ataupun jalan-jalan ke blog yang lainnya kita pasti akan mendapatkan ilmu ataupun informasi yang belum kita ketahui.

3. MENDAPATKAN TEMAN

Dengan Cara kita nge-blog kita juga bisa menambah teman, karena dengan cara berkunjung ke blog blogger yang lainnya dan kita bisa menjalin silaturahmi maka kita akan menambah sahabat atau teman.

4. JADI TERKENAL

Jadi Terkenal?? apa bisa?? Mungkin anda berpikir tidak akan bisa, jika kita bisa terkenal lewat nge-blog, tapi kita memang akan bisa terkenal dengan cara nge-blog, tapi kita terkenal di dunia maya, bagaimana caranya??? contoh saja pak JOKO SUSILO jika anda tanya kepada para blogger maka mereka akan menjawabnya.

4. MENDAPAT PAHALA YANG TERUS MENGALIR

Mendapat pahala memang suatu hal yang sangat kita inginkan. Hal ini dapat kita peroleh hanya dengan ngeblog dan menyediakan informasi yang baik dan bermanfaat. Apabila ada orang yang mengakses artikel kita dan berguna tentunya akan menambah kebaikan/pahala bagi kita.

Ngeblog atau bikin blog seolah-olah telah menjadi tren masyarakat di jaman sekarang ini. Tua muda, kaya miskin, laki-laki maupun perempuan semuanya terjangkit sindrom yang dinamakan ngeblog, hal-hal tersebut tidak menjadi kendala selama kita terhubung pada jaringan internet. Sebenarnya ada ga sih manfaat dari kita ngeblog :hmmm: atau jangan-jangan yang kita lakukan selama ini hanya sia-sia belaka. Ada yang berpendapat bahwa ngeblog itu merupakan media untuk mengekspresikan gagasan ataupun ide yang kita punya, selain itu ngeblog juga merupakan wadah sosialisasi karena dengan ngeblog kita bisa mendapat teman baru misalnya. Ada lagi yang berpendapat buat ajang pamer-pamer ama temen bahwa kita punya blog halah… :meneketehe:

Penelitian Adi Onggoboyo dalam “Suatu Fenomena Sociocyber yang unik dan dinamis” pada bulan Oktober 2004 yang lalu mengungkapkan bahwa 95,26% dari 211 blogger Indonesia menyatakan bahwa mereka merasa mendapatkan hal-hal positip setelah menjadi blogger. Hal-hal positip tersebut diuraikan lagi oleh Adi Onggoboyo sebagai berikut :

- Meningkatkan Gairah Hidup 2,98%
- Lebih Disiplin 0,49%
- Semangat Prestatif 3,98%
- Menjalin dan memperbanyak relasi/ kawan/ persahabatan 48,75%
- Rajin menulis/ meningkatkan kemampuan/ produktivitas menulis 8,95%
- Lebih kreatif/ ekspresif/ inspiratif/ motivatif 4,47%
- Lega bisa berbagi 2,48%
- Lain-lain 7,96%
- Gabungan beberapa poin diatas 15,92%

Bila dilihat dari sisi psikologisnya ngeblog memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai berikut :

1. NgeBlog itu Merangsang Otak :kagum:

Aktivitas ngeBlog, mulai dari membuat desain blog sampai dengan menulis blog tiap waktu merupakan suatu proses mental otak yang melibatkan jutaan sel pada otak. Rangsangan tersebut membuat rantai-rantai neuron menjadi aktif dan dimulainya proses mielinisasi (myelin adalah sejenis protein lemak yang dikeluarkan oleh otak untuk melapisi hubungan antara dendrit ketika kita menerima suatu informasi yang baru.

2. Ngeblog itu Suatu Proses Pembelajaran :dosen:

Aktivitas menulis blog merupakan proses belajar. Ketika kita mengungkapkan perasaan kita melalui suatu blog, kita akan belajar untuk mengenal perasan-perasaan dan emosi-emosi yang muncul dari suatu peristiwa dalam keseharian kita. Semakin sering kita menyadari hal tersebut semakin lama kita semakin mengenal diri kita sendiri sehingga pada situasi yang sama, kita akan belajar untuk mengontrol emosi tersebut.

Ketika kita membaca blog orang lain, tak jarang kita menerima informasi baru tentang berbagai hal. Secara tak langsung pengetahuan baru atau pengalaman orang lain tersebut akan mengendap dalam pikiran kita sehingga pada suatu saat dimana kita mengalami hal yang sama kita secara sengaja atau tidak, kita akan menggunakan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Ada perilaku-perilaku ketika ngeblog yang bisa dicurigai sebagai sebuah proses pembelajaran, yaitu :
- Memberikan komentar : belajar mengungkapkan pendapat, belajar menerima pendapat orang lain, belajar menerima perbedaan, belajar untuk memahami orang lain.
- Memberikan sapaan dalam ShoutBox : belajar untuk memulai dan mempertahankan suatu interaksi sosial, belajar untuk memberi perhatian, belajar untuk berafiliasi satu dengan yang lain, belajar memberi apresiasi terhadap suatu blog.

3. NgeBlog itu Menyehatkan Jiwa dan Raga :semangat:

Ngeblog berkaitan erat dengan aktivitas menulis blog, penelitian Adi Onggoboyo menunjukkan bahwa 27,48% dari 211 blog berisi mengenai curhat pribadi, 21,23% adalah renungan/refleksi, dan ide-ide pemikiran 14,69%. Hal ini juga dikuatkan dengan survei yang dilakukan octave.or.id yang mendapatkan 52,46% dari 122 blogger memilih menulis blognya dengan curhat/diary. Mengapa ngeblog dapat dikatakan menyehatkan jiwa? Dengan menuliskan perasaan-perasaan yang muncul terutama hal-hal negatif akan memberikan rasa puas dan lega.

Pelepasan emosi melalui menulis di blog akan memberikan efek relaksasi bagi tubuh sehingga fungsi tubuh akan kembali mencapai keadaan homeostatis. Keadaan stress memicu tubuh untuk selalu dalam keadaan tegang, dan semakin lama ketegangan tersebut akan memperlemah pertahanan tubuh dan selanjutnya akan mempengaruhi fungsi organ tubuh. Dengan demikian semakin kita rajin melampiaskan emosi dalam tulisan blog kita semakin terjaga tubuh kita dari berbagai ancaman penyakit.

4. Ngeblog itu Melatih Perilaku Afiliasi :wouw:

Saling berbagi cerita dan pengetahuan membuat seseorang mulai mengenal seseorang yang lainnya secara lebih mendalam. Keterbukaan dan kepercayaan akan menciptakan suatu jalinan afiliasi yang dapat pula menumbuhkan hubungan emosi blogger yang satu dengan yang lainnya meskipun tidak melakukan pertemuan fisik.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah ngeblog bukan sekadar trend masa kini namun lebih dari itu ngeblog adalah suatu proses yang dilakukan manusia untuk mencapai hierarki kebutuhan yang paling tinggi yaitu Self Actualization (Aktualisaai diri) jadi ada benernya juga yang berpendapat bahwa ngeblog buat pamer ama temen-temen halah… :meneketehe: Jadi kita tidak perlu heran karena pada setiap orang memiliki keinginan agar dirinya memiliki existensi sebagai manusia yang berpikir. :sip:


www.jendelahewan.blogspot.com