Minggu, 24 Juni 2012

Burung Parkit yang Hafal Alamat Rumah

Beberapa jenis burung parkit memang bisa diajarkan untuk menirukan berbabagai macam suara. Suara yang ditirukan parkit dapat berupa suara burung lain, suara hewan, juga suara manusia. Kemampuan unik burung ini membuat orang menyangka bahwa burung paruh bengkok ini dapat berbicara. Namun apa jadinya jika seekor burung parkit yang hilang bisa menghafal dan mengatakan tempat tinggal pemiliknya. Berikut infonya.

Seekor burung parkit yang hilang berhasil dikembalikan kepada pemiliknya di dekat ibukota Jepang, Tokyo, setelah burung tersebut memberitahukan alamatnya kepada polisi.

Burung parkit jantan itu terbang dari rumah pemiliknya di kawasan Sagamihara, sebelah barat Tokyo pada Minggu pagi

Keberadaan burung tidak diketahui sampai burung tersebut hinggap di bahu seorang tamu hotel dan kemudian diserahkan kepada polisi setempat pada hari yang sama.

Namun burung ini tidak mengeluarkan bunyi sampai dua hari kemudian. Burung parkit mengucapkan nama kota dan distrik pemiliknya.

Seorang juru bicara kepolisian Sagamihara mengatakan parkit ini juga menyebut nama blok apartemen dan nama jalan. Keterangan burung yang kemudian aktif berbunyi ini didengar secara seksama oleh tiga polisi pada saat itu.

Menurut juru bicara kepolisian, pemilik burung parkit itu adalah seorang perempuan berusia 64 tahun yang mengajari burungnya alamat rumah.

Hal itu dilakukan agar dia tidak lagi kehilangan burung piaraan setelah sebelumnya pernah kehilangan seekor parkit.

"Jadi pemiliknya memutuskan untuk mengajarkan alamat rumah ke parkit setelah membeli burung itu dari toko hewan piaraan dua tahun lalu," kata juru bicara polisi seperti dikutip kantor berita AFP.

Nama burung parkit itu diketahui sebagai Piko-chan.

Bersumber dari www.memobee.com