Sabtu, 08 Oktober 2011

Kandang yang Baik untuk Landak Mini (Hedgehog)

Kandang yang baik merupakan syarat utama bagi landak mini (hedgehog) untuk dapat selalu sehat. Selain kebersihannya, kandang untuk hedgehog yang baik juga harus menjadi rumah yang nyaman untuk hedgehog anda.

Hedgehog anda akan membutuhkan rumah yang aman karena mereka termasuk pemanjat yang baik dan dapat mudah sekali keluar dari kandang jika tutup atasnya terbuka yang umumnya kandang yang dipakai adalah kandang untuk marmut atau kelinci. Jika anda menggunakan kandang dengan atas terbuka, kandang tersebut harus memiliki daerah licin/datar paling sedikit tingginya 30 cm dan memiliki area lantai 40 x 60 cm. Aquarium 60 cm juga cukup sesuai. Tetapi juga harus memiliki sirkulasi yang baik dan penerangan yang cukup tetapi jangan terkena sinar matahari langsung pada siang hari.

Taruhlah rumah baru hedgehog anda di daerah yang nyaman, hangat, pencahayaan yang cukup, bebas dari sampah dan sinar matahari langsung. Mereka paling nyaman pada suhu antara 18-27 derajat Celsius.

Sebagai tambahan kandangnya, hedgehog anda juga akan membutuhkan perlengkapan dibawah ini:

Alas
Alas untuk kandang hedgehog yang bisa anda gunakan antara lain serutan aspen, pinus adalah pilihan yang terbaik untuk alas/bedding. Jangan serutan cedar. Tongkol jagung (corn cobb) yang telah dihancurkan juga dapat menjadi alas yang baik dan aman dipakai untuk betina dan yang dewasa, tetapi sebaiknya tidak dipakai untuk jantan yang masih muda. Taruh alas setinggi kira-kira 5 cm secara rata di lantai kandangnya.

Tempat Makanan
Tempat makanan perlu cukup lebar dan berat untuk mencegah hedgehog anda membalikan isinya dan menggunakannya sebagai mainan. Keramik kecil yang digunakan untuk roden kecil adalah tempat makanan yang baik untuk hedgehog. Lebar atau diameter tempat makanan bisa 8 - 16 cm dan ketinggiannya sebaiknya jangan melampui dari 8 cm.

Botol air
Botol air lebih baik daripada tempat minum yang terbuka. Hedgehog suka sekali mengisi tempat air minumnya yang terbuka dengan serutan sehingga menyulitkan mereka sendiri untuk mendapatkan air yang cukup.

Tempat persembunyian

Ini dapat yang sederhana seperti pipa pvc 4 inch, teko plastik, atau kotak bekas sepatu ditambah dengan lubang. Kotak ini sebaiknya diganti setiap 2 atau 3 minggu. Sekali.

Kotak kotoran (litter box)
Hewan peliharaan anda akan menggunakannya jika anda menyediakannya. Kotak kecil dalam 5 cm, 15 x 20 cm, setengahnya cukup diisi dengan pasir zeolite no.2 dicampur pasir bali

Source: www.kaskus.us
Picture: northrup.org