Sabtu, 08 Oktober 2011

Cara dan Tips Memilih Kura-kura Brazil yang Baik

Jika anda ingin membeli Kura-kura brazil yang baik maka anda harus memilih kura-kura brazil (RES) yang memiliki kondisi yang sehat. Untuk itu agar anda dapat menentukan kura-kura brazil mana yang memiliki kualitas yang baik anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

Kondisi fisik apakah normal, lengkap dan tidak cacat:
  • karapas mulus (tidak ada lubang, tidak ada luka) dan simetris (normal 13 scute)
  • plastron mulus (tidak ada lubang, tidak ada luka) dan rata
  • mata cerah tidak ada selaput (normal ada 2 )
  • kulit tidak ada luka, tidak ada selaput putih (jamur), tidak ada benjolan dan warnanya cerah tanpa ada warna kemerah-merahan.
  • kuku lengkap (masing-masing kaki depan 5 kuku dan belakang 4 kuku)
  • ekor utuh tidak putus

Kondisi kesehatan :
  • kura aktif tidak lemas dan cenderung meronta jika sedang dipegang
  • kepala mendongak layaknya kura normal (tidak lemas ke bawah)
  • mata tidak menutup terus
  • tidak ada lendir di hidung dan tidak berbusa di mulut

Untuk kondisi fisik di atas adalah normal, tetapi kadang ditemukan kelainan atau cacat fisik, misal scute lebih dari 13, karapas asimetris atau cekung, mata 1 (cyclops) dan lain-lain yang juga menarik untuk dipelihara tetapi ada yang butuh perhatian lebih daripada kura normal.
Hal ini sesuai selera pribadi masing-masing untuk memilihnya

Sekedar tambahan, karapas RES yang pada saat baby berwarna hijau akan berubah menjadi cenderung gelap saat dewasa, sedang motif kuningnya akan sedikit tersisa saat dewasa. Ada masukan untuk memilih baby yang banyak motif kuning jika ingin mendapatkan res dewasa yang berwarna cerah

Merawat kura-kura yang baru anda beli
Yang harus dilakukan setelah memberli kura-kura baru adalah memastikannya dalam kondisi sehat.
Karena kira memelihara kura-kura semi-aquatik di dalam air yang merupakan media penularan penyakit yang baik. Lebih baik dikarantina dahulu selama beberapa hari agar jika membawa virus tidak menular ke kura lama.

Jika kura-kura belum mau makan bisa karena masih penyesuaian dengan tempat baru, coba terus berikan pakan sampai mau atau variasikan dengan pakan yang lain. Pemberian pakan dapat dilakukan 2x sehari (pagi dan sore). Apabila setelah beberapa hari tetap menolak makan dan kondisi kesehatan menurun dengan gejala lemas atau mata menutup, besar kemungkinan kura dalam kondisi sakit.

Untuk kura-kura baru juga perlu direndam dalam larutan obat anti jamur (tidak perlu sampai pekat), karena kondisi air dan habitat di seller yang bisa saja terjangkit jamur. Hal ini untuk antisipasi agar tidak menular ke kura lama kita.

Setelah kondisi kura sudah pasti sehat, dapat dicampurkan dengan kura yang lain. Tetapi harus diawasi, bisa terjadi ada penolakan dari kura lama atau kura baru memiliki sifat agresif. Kemungkinan terburuk bisa saling melukai yang berakibat terburuk kehilangan anggota tubuh, bahkan kematian. Jika terlihat dapat membaur, maka kura tersebut dapat hidup bersama dan tetap berikan perhatian selama beberapa hari.

Artikel tentang Kura-Kura Barzil lainnya:
Efek Perdagangan Kura-Kura Brazil
Makanan Untuk Kura-kura Brazil
Pemeliharaan Kura-Kura Brazil


Source: www.kaskus.us
Picture: www.sandsexoticanimals.com