Selasa, 07 Agustus 2012

Enteroliths, Penyebab Kolik Serius pada Kuda


Enteroliths berasal dari kata Yunani 'entero' berarti usus, dan 'Lith' yang berarti batu.
Ada banyak penyebab kolik, istilah umum untuk sakit perut, pada kuda tapi batu usus (enteroliths) adalah salah satu yang paling serius karena yang besar dapat menyebabkan penyumbatan fatal dan hanya dapat di obati melalui pembedahan. 
Batu-batu ini juga dapat menyebabkan kolik intermiten karena mereka dapat bergerak dan menghambat perjalanan berkala pakan melalui usus.

Analisis batu-batu ini menunjukkan bahwa mereka terdiri dari bahan kristal yang disebutstruvite yang mengandung magnesium, amonium, dan fosfat.

Enteroliths terbentuk di sekitar benda asing kecil yang ditelan oleh kuda seperti kerikil, pasir, kayu, atau plastik, dan tumbuh seperti mutiara tumbuh di sekitar sebutir pasir pada tiram. Untuk terus tumbuh, enterolith membutuhkan pasokan magnesium, amonium, dan fosfat pada saluran pencernaan yang relatif alkaline (basa lemah).
Tindakan Pencegahan

Untuk membantu mencegah dari pembentukan enteroliths, peneliti di UC Davis School of Veterinary Medicine menunjukkan bahwa Anda:
  • Penurunan tingkat pH usus dengan menambahkan satu cangkir (250 ml) cukasehari untuk diet kuda Anda. (cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi cukup)
  • Menambahkan makanan konsentrat bubuk sementara mengurangi jerami juga akan menurunkan tingkat pH dalam usus besar.
  • Mengurangi atau menghilangkan dedak dari diet kuda Anda karena dedak menyediakan kandungan fosfor tinggi.
  • Ganti banyak alfalfa dalam diet kuda Anda dengan gandum atau jerami rumput. Alfalfa, terutama alfalfa dari California, mengandung jumlah magnesium dan protein yang tinggi. Jumlah amonium bebas yang berlebihan dapat dilepaskan dari pencernaan protein tinggi jerami seperti alfalfa. (Pada UC Davis ditemukan bahwa sebagian besar kuda dengan enteroliths memiliki diet jerami alfalfa 50%!)
  • Meningkatkan waktu makan menjadi tiga atau empat kali sehari karena ini akan meningkatkan pergerakan bahan pakan massal melalui saluran usus yang harus menyediakan sebuah lingkungan yang kurang menguntungkan bagi batu untuk mengeram dan tumbuh.
  • Hindari kurungan di kandang yang lama dan memberikan banyak latihan sehari-hari yang juga membantu meningkatkan gerakan pakan pada usus.

Untuk tempat tidur, gunakan jerami bukan serutan (grajen). Jerami ini akan menyediakan bahan serat tinggi yang rendah protein, magnesium, dan mineral fosfor.