Selasa, 07 Agustus 2012

Mengatasi Kolik Pada Kuda


Kuda bisa mendapatkan ‘kolik’ atau nyeri perut karena berbagai alasan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kolik pada kuda bisa sangat kecil, sedangkan yang lain dapat serius dan memerlukan intervensi medis segera. Kolik bisa disebabkan oleh sejumlah masalah gastrointestinal, dan dianggap sebagai salah satu masalah yang paling umum kesehatan kuda. Ada dapat beberapa jenis kolik kuda, dari yang umum adalah beberapa jenis, impaksi kolik, spasmodik kolik, kolik impaksi ileum, perpindahan atau kolik torsi, enterolith, impaksi pasir kolik, distensi lambung dan kolik disebabkan oleh parasit seperti cacing pita, besar cacing gelang dan Cyathostomes.

Apa Penyebab Kolik pada Kuda?

Equine kolik bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Kadang-kadang, massa keras dari makanan dapat berdampak pada usus besar di salah satu flexures, dimana usus kemudian berbalik dan sempit. Bahkan akumulasi gas dalam usus, khususnya di usus besar dapat meningkatkan kontraksi peristaltik saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan nyeri perut atau kolik pada kuda.

Pembentukan tumor lemak jinak seperti lipoma dalam saluran usus, konsumsi pasir atau kotoran bersama dengan padang rumput, membangun deposit mineral dalam usus dan adanya cacing gelang besar dan cacing pita juga dapat menyebabkan sumbatan atau halangan dalam saluran usus, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan kolik. Selain ini, perpindahan kolon punggung, torsi, berkedut yaitu bagian-bagian dari saluran gastrointestional, pembentukan ulkus di lambung, konsumsi makanan berjamur atau busuk, dan radang kecil, serta usus besar dapat menyebabkan kuda kolik.

Kolik pada Kuda Gejala

Sejumlah gejala yang dapat diamati dalam menderita kuda dari kolik. Rasa sakit perut yang disebabkan oleh kondisi ini sering memaksa kuda terpengaruh untuk menendang perut atau perut dan menggigit pada kedua sisi. Kuda yang terkena dapat menampilkan tidak tertarik untuk makan atau minum, dan mungkin berbaring lebih dari biasanya, atau bangun dan berbaring berulang kali. Kadang-kadang, itu bisa bangun dan mulai berjalan di kalangan dan kemudian berbaring lagi. Tanda-tanda lain dan gejala kolik pada kuda dapat termasuk, mengais-ngais tanah, sering mencoba untuk buang air kecil dan buang air besar tidak berhasil, memutar kepala terhadap diare, panggul, menggigit sisi, keriting bibir atas, mengerang, meregang, kegelisahan, stamping kaki, suhu tubuh sedikit lebih tinggi dari normal, denyut nadi meningkat dan berkeringat.

Kolik pada Kuda Pengobatan

Perlakuan kolik tergantung hanya pada beratnya kondisi dan penyakit yang mendasarinya. Kadang-kadang, intervensi bedah segera dapat diminta untuk mengobati kondisi ini. Jadi, jika kuda Anda menunjukkan tanda-tanda yang serius dari sakit atau perilaku kolik dan kekerasan, kemudian memanggil dokter hewan anda secepat mungkin. Sementara itu, Anda dapat membuat kuda anda berjalan-jalan sedikit untuk mengalihkan pikiran dari rasa sakit. Namun, pastikan untuk tidak memberi makan kuda atau mengelola segala jenis obat tanpa persetujuan dokter hewan. Seorang dokter hewan dapat melaksanakan beberapa tes dan pemeriksaan untuk mengetahui keparahan kondisi dan kemudian mengobatinya sesuai.

Insiden kolik dapat dikurangi sampai batas tertentu dengan memberi makan kuda dengan kualitas tinggi serat (jerami atau rumput), menyediakan pakan yang bersih bebas dari jamur dan kotoran, dan mencegah konsumsi pasir dan kotoran. Jadwal makan yang teratur dan menghindari perubahan pakan juga dapat membantu mengurangi resiko kolik pada kuda. Juga penting adalah untuk menyediakan air bersih untuk kuda Anda, jerami pakan dan air sebelum biji-bijian, memungkinkan jumlah pemilih sebanyak mungkin, mempertahankan program latihan yang teratur dan konsisten, memilih cacingan reguler dan menghindari makan kuda segera setelah berolahraga dan berolahraga mereka segera setelah makan , untuk mencegah kolik kuda. Anda dapat berbicara dengan dokter hewan, jika Anda memiliki keraguan tentang apa kuda makan dan apa yang mereka seharusnya tidak makan.

Harapan sekarang, Anda sudah mendapat ide yang adil tentang penyebab dan gejala kolik, serta bagaimana untuk mencegah kolik pada kuda. Pemilik Kuda harus mengetahui gejala kolik kuda, untuk mendeteksi lebih dini dan mencari perawatan medis. Dalam kasus tertentu, kolik kuda dapat berubah menjadi kondisi yang mengancam kehidupan. Jadi, jika Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan kesehatan kuda kuda kolik, atau jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk mencegah kondisi ini, berbicara dengan dokter hewan.
dari berbagai sumber