Selasa, 13 Desember 2011

Jenis Pakan Yang Berbahaya Untuk Burung Peliharaan

Memberikan pakan berkualitas pada burung merupakan salah satu aktivitas utama bagi para penggemar burung (kicaumania). Namun tahukah anda jika ada beberapa jenis pakan yang ternyata berbahaya bagi burung. Berikut pakan yang berbahaya bagi burung anda:

Biji Apel
Meskipun buah apel sangat baik untuk burung, namun anda harus berhati-hati agar biji apelnya tidak ikut termakan oleh burung. Selain itu anda juga harus mewaspadai bahaya dari pestisida yang mungkin ada pada kulit apel. Jadi pastikan untuk membuang seluruh biji dan kulit apel sebelum anda berikan untuk burung anda.

Bawang
Penggunaan bubuk bawang baik bawang merah atau bawang bombay dalam jumlah terbatas memang tidak memberikan pengaruh buruk pada manusia. Tetapi konsumsi bawang yang berlebihan akan memberikan efek buruk bagi burung seperti diare, muntah, dan berbagai masalah lain pada pencernaan burung.

Cokelat
Coklat memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi manusia. Tetapi konsumsi coklat akan membuat burung anda menjadi keracunan. Cokelat akan merusak sistem pencernaan burung dan akan menyebabkan diare dan muntah pada burung. Selain itu coklat dapat merusak sistem syaraf pusat burung yang dapat membuat burung menjadi kejang bahkan mati.

Alpukat
Kulit dan biji alpukat ternyata dapat menyebabkan gangguan jantung dan gagal jantung pada spesies burung. Oleh karena itu jangan memberikan alpukat sebagai pakan burung anda.

Jamur
Pucuk dan tangkai dari beberapa jenis jamur dapat mengakibatkan kerusakan pada hati burung.

Garam
Sodium (natrium) memeng dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, namun konsumsi garam yang berlebihan oleh burung akan mengakibatkan rasa haus yang berlebihan, dehidrasi, disfungsi ginjal, dan kematian. Jadi awasilah jumlah pakan yang mengandung garam untuk dikonsumsi burung anda.

Kafein
Minuman berkafein seperti kopi, soda, dan teh dapat mengakibatkan kerusakan jantung pada burung, naiknya detak jantung, aritmia (gangguan denyut dan irama jantung), hiperaktif, dan dapat mengakibatkan kematian pada burung.

Kacang-kacangan Mentah
Kacang-kacangan yang matang merupakan makanan favorit bagi berbagai jenis burung. Tetapi kacang-kacangan kering yang masih mentah sangat berbahaya bagi burung karena mengandung racun hemaglutin. Untuk menghindari racun tersebut, pastikan semua kacang-kacangan yang anda berikan untuk burung sudah benar-benatrmatang.

Semoga anda dapat lebih berhati-hati dalam memberikan pakan pada burung kesayangan anda.

Catatan Kaki
Waspadai Racun dalam Makanan, Minggu Pagi,  No. 37 Th. 64,  Minggu II Desember 2011


Picture: australianmuseum.net.au