Senin, 21 Mei 2012

Tips Membawa Anjing Dalam Perjalanan & Bepergian

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sering diajak berjalan-jalan oleh pemiliknya. Namun bagaimana jika anjing tersebut harus dibawa untuk perjalanan yang cukup jauh?

Membawa anjing untuk bepergian atau perjalanan yang cukup jauh kadang beresiko. Namun terkadang membawa anjing dalam perjalanan adalah keharusan apabila tidak ada yang mengurus anjing tersebut dirumah ataupun tidak ada pilihan lain. Anjing yang tak terbiasa melakukan perjalanan panjang biasanya akan mudah stres. Itu ditandai dengan menggonggong dengan ribut atau gelisah yang ditunujkan dengan sikapnya yang hiperaktif. Belum lagi kija anjing buang air dalam mobil. Untuk itu, berikut adalah tips membawa anjing dalam perjalanan.

1. Sebaiknya sediakaan kandang khusus (Kennel box) untuk membawa anjing, pastikan kondisi kandang bersih dan kering. Kandang yang basah akan membuat anjing gelisah. ukuran kandang pun juga harus disesuaikan dengan ukuran anjing sehingga dapat bergerak dengan leluasa.

2. Sebelum berangkat pastikan anjing dalam keadaan sehat. Jika perlu periksakan di dokter hewan. Jika anjing tidak benar-benar sehat, setelah melakukan perjalanan anjing bisa sakit lebih parah.

3. Berikan makanan secukupnya pada anjing agar tidak kelaparan. Untuk mencegah dehidrasi berikan minum untuk anjing dalam perjalanan.

4. Jika menggunakan kendaraan pribadi saat melakukan perjalanan, berhentilah sejenak sekali-kali. Anda bisa beristirahat demikian juga anjing anda. Langkah ini bisa mencegah anjing stres selama perjalanan.

5. Berikan mainan untuk anjing. pastikan mainan bertekstur lembut atau tidak keras.

Bersumber dari endanesia.com dengan perubahan
Gambar: petsafe.net