Rabu, 23 Mei 2012

Merawat Pacman Frog, Si Katak Bertanduk


Memelihara katak pacman mungkin masih terdengar asing. Namun, sebenarnya sudah banyak pecinta hewan yang memelihara dan merawat katakpacman yang juga dikenal sebagai katak bertanduk ini. Untuk memelihara katak ini, anda harus menyiapkan akurium untuk katak pacman, mengetahui  apa saja makanan katak pacman dan cara perawatan katak pacman. Berikut uraiannya.

Mengatur Akuarium
Jika anda berniat memelihara katak pacman, anda harus mengatur akuarium atau tempat yang anda gunakan sebagai kandang sehingga dapat membuat katak pacman yang anda pelihara menjadi nyaman. Akuarium yang digunakan minimal berukuran 10 galon dan dilengkapi tutup.

Karena mereka hidup di lingkungan basah yang dekat dengan tubuh air seperti rawa dan sungai, akan lebih baik jika anda meniru tempat itu dengan meletakkan batu-batu sungai di dasar akuarium. Pacman adalah binatang yang sangat sensitif jadi sebelum anda membeli aksesories pastikan bahwa product yang and beli sudah memenuhi standard untuk reptile.

Sediakan tempat air yang cukup lebar, karena pacman sangat menyukai berendam didalamnya sepanjang waktu. Sediakan tempat persembunyian agar pacman merasa nyaman. Sangat diperlukan kelembaban yang tinggi diperlukan penyemprotan setiap hari.

Jangan pernah mencoba untuk menempatkan katak lain dalam akuarium yang sama. Katak-katak ini sangat teritorial dan mereka benar-benar akan berusaha untuk makan apapun yang bergerak di dalam akuarium. Menempatkan katak lain dalam akuarium yang sama akan berakhir dalam kanibalisme dimana kedua katak bisa mati.

Memberikan Pakan 
Jangkrik, Ikan dan anak tikus adalah makanan yang bisa diberikan. Pacman kecil bisa diberi makan setiap 2-3 hari sekali, Pacman dewasa bisa diberi makan sekali seminggu kemudian tiap 10 s/d 14 hari sekali. Makanan yang diberikan tidak lebih besar dari separuh badannya. Tambahkan vitamin dan calcium setiap seminggu sekali kepada pacman yang masih kecil, dan 3-4 minggu sekali apabila sudah dewasa. Dalam pemberian makan jangkrik, tikus bisa ditaruh pada tempat kecil, apabila memberi dengan ikan taruhlah di tempat air nya dan masih hidup. Jangan pernah memberikan makan kepada pacman dengan tangan langsung karena dia akan menggigit.

Perawatan Rutin
Bersihkan akuarium sekali setiap tujuh sampai sepuluh hari. Katak akan membuang feses dan urin sekitar satu kali dalam periode ini karena proses metabolisme sangat lambat. Hal ini juga akan mencegah akuarium anda menjadi bau.

Handling
Pada kebanyakan katak, penanganan harus tetap pada jumlah minimum absolut, karena mereka mempunyai kulit yang rapuh harus tetap basah, dan secara umum sepertinya tidak menghargai kontak dengan manusia. Selanjutnya, katak bertanduk dapat menimbulkan gigitan yang menyakitkan, dan sebagai akibat dari pemangsa penyergapan gaya hidup mereka, ini mungkin jika Anda mengagetkan katak Anda. Untuk alasan ini, manusia pac katak harus dinikmati dari kejauhan.

Selanjutnya: Breeding Kodok Pacman

Gambar: kaskus.us, onision.net