Selasa, 19 Juli 2011

IKAN RASBORA


Harlequin Rasbora
Rasbora  bukan kelompok besar ikan dalam perdagangan ikan yang dipelihara, tetapi mereka termasuk beberapa spesies yang paling populer dan terkenal tersedia untuk penggemar saat ini. Selain banyak rasbora baru yang muncul terus menerus di toko-toko, dan banyak membuat akuarium besar ikan kecil untuk akuarium ditanam semakin populer, tank lebih kecil, dan akuarium air lebih lembut. The Rasbora’s (Rasborinae) adalah bagian dari kelompok yang lebih besar seperti ikan ikan mas (Cyprinidae), yang meliputi barbs, hiu, dan loaches. Danios juga merupakan bagian dari kelompok Rasbora.
Habitat
Hampir semua rasbora yang berasal dari Asia Tenggara dan Indonesia walaupun habitat lokal mereka berbeda dari kolam-kolam kecil dan sangat bervegetasi aliran untuk sungai dataran tinggi dan aliran air mengalir. Sedikit yang ditemukan di sungai yang lebih besar dan ukuran kecil mereka membuat mereka jauh lebih cocok untuk lingkungan yang lebih kecil di mana mereka kurang  dimangsa oleh spesies yang lebih besar. Rasbora adalah mikro predator, berarti mereka makan terutama pada organisme air kecil dan serangga, yang sering dalam kelimpahan sekitar saluran air yang lebih kecil dan daerah bervegetasi.
Pembiakan
Rasbora akan bertelur di lingkungan yang tepat tetapi berhasil menaikkan jumlah anakan di tangki pembiakan khusus dengan set-up dengan peralatan dan dekorasi yang dirancang khusus untuk tujuan membesarkan benih. Karena ukuran induk pada umumnya ikan kecil saja, anakan tentunya sangat kecil dan perlu diberi makanan cair atau rotifera untuk tahap pertama hidup mereka. Rasbora adalah ikan yang meletakkan telur dan tergantung pada spesies baik akan menyerakkan telur atau bertelur antara atau pada daun tanaman. Tebal daerah vegetasi yang diperlukan untuk pemijahan oleh sebagian besar spesies dan penambahan tanaman mengambang juga akan membantu. Banyak rasbora  dapat didorong untuk bertelur melalui penggunaan yang air sangat lembut , sedikit asam, banyak vegetasi dan cukup  sinar matahari alam dikombinasikan dengan area berbayang. proses kawin biasanya berlangsung beberapa hari sebelum pemijahan.
SUMBER :
http://www.thinkfish.co.uk/article/Rasboras