Minggu, 24 Juli 2011

Letter Six


Famili : acanthuridae
Genus : paracanthurus
Spesies : Paracanthurus Hepatus
Group : Surgeon Fishes
Name : Letter Six/ Blue Surgeon
Ikan ini dikenal umum ketika munculnya film animasi ‘Finding Nemo’, berperan sebagai sahabat akrabnya Nemo. Ikan ini tergolong dalam kelompok surgeon fish, dan dikenal sebagai ikan pemakan tumbuh – tumbuhan. Letter Six adalah rajanya dari semua keluarga surgeon fish, dengan warna dan corak yang menawan, ikan ini tergolong sebagai ikan yang cukup mahal dan termasuk dalam golongan ikan musiman yang cukup langka.
Umumnya orang kurang banyak yang mengetahui, bahwa letter six adalah ikan herbivora, namun hal ini wajar saja, karena sesekali ikan ini pun akan memakan pakan awetan, ataupun udang rebon, meskipun makanan utamanya tetap saja tumbuhan. Untuk memelihara ikan jenis ini sebenarnya tidak begitu sulit, cukup sediakan selembar daun selada yang bersih dari pestisida dalam tiga atau empat hari sehari, dijamin ikan ini akan bertahan dalam aquarium anda. Dalam akuarium pun ikan ini tidak terlalu menimbulkan kesulitan, kecuali dengan tingkat stress nya yang cukup tinggi, ikan ini membutuhkan ruang yang cukup luas, karena umumnya letter six senang berenang hilir mudik dengan lincah dan beratraksi diantara celah – celah karang.
Satu hal lagi, meskipun ikan ini dikenal sebagai ikan pemakan tumbuhan, jangan pernah berharap bahwa ikan ini dapat membersihkan akuarium anda dari lumut, karena ikan ini hanya memakan daun dan bukan lumut, terlebih lagi dengan lumut merah keunguan (red algae), sedikit pun ikan ini takkan menyentuhnya.
Tips untuk memelihara ikan tersebut adalah, siapkan celah karang sempit untuk tempat persembunyiannya sekaligus tempat dimana dia akan beristirahat di malam hari, dan jangan khawatir apabila melihat ikan ini tidak mau makan, karena selera makannya memang tidak begitu besar, bahkan, bisa dikatakan ikan ini sangat anggun dalam hal makan.