Sabtu, 19 November 2011

Jenis-Jenis Penyakit Pada Ayam Petelur


Berak putih (pullorum)
Menyerang ayam petelur dengan angka kematian yang tinggi, disebabkan karena salmonella pullorum.
Pengendalian: diobati dengan antibiotika

Foel typhoid
Sasaran yang disering adalah ayam muda/remaja dan dewasa, disebabkan karena salmonella gallinarum. Gejalanya ayam mengeluarkan tinja yang berwarna hijau kekuningan.
Pengendalian: dengan antibiotika/preparat sulfa.

Parathyphoid
Menyerang ayam dibawah umur satu bulan, disebabkan karena bakteri dari genus 
Salmonella.
Pengendalian: dengan preparat sulfa/obat sejenisnya.

Kolera
Penyakit ini jarang menyerang anak ayam atau ayam remaja tetapi selain menyerang ayam menyerang kalkun dan burung merpati, disebabkan karena pasteurella multocida. Gejalanya pada serangan yang serius pial ayam (gelambir dibawah paruh) akan membesar.
Pengendalian: dengan antibiotika (Tetrasiklin/Streptomisin).

Pilek ayam (Coryza)
Menyerang semua umur ayam dan terutama menyerang anak ayam, disebabkan karena makhluk intermediet antara bakteri dan virus. Gejalanya ayam yang terserang menunjukkan tanda-tanda seperti orang pilek.
Pengendalian: dapat disembuhkan dengan antibiotia/preparat sulfa.

CRD
CRD adalah penyakit pada ayam yang populer di Indonesia. Menyerang anak ayam dan ayam remaja.
Pengendalian: dilakukan dengan antibiotika (Spiramisin dan Tilosin).

Infeksi synovitis
Penyakit ini sering menyerang ayam muda terutama ayam broiler dan kalkun, disebabkan karena bakteri dari genus Mycoplasma.
Pengendalian: dengan antibiotika.

Newcastle disease (ND)
ND adalah penyakit oleh virus yang populer di peternak ayam Indonesia. Pada awalnya penyakit ditemukan tahun 1926 di daerah Priangan.Tungau (kutuan) Penemuan tersebut tidak tersebar luas ke seluruh dunia. Kemudian di Eropa, penyakit ini ditemukan lagi dan diberitakan ke seluruh dunia. Akhirnya penyakit ini disebut Newcastle disease.

Infeksi bronchitis
Infeksi bronchitis menyerang semua umur ayam. Pada dewasa penyakit ini menurunkan produksi telur. Bila menyerang ayam petelur menyebabkan telur lembek, kulit telur tidak normal, putih telur encer dan kuning telur mudah berpindah tempat (kuning telur yang normal selalu ada ditengah). Belum ada pengobatan untuk penyakit ini tetapi dapat dicegah dengan vaksinasi.

Infeksi laryngotracheitis
Infeksi laryngotracheitis merupakan penyakit pernapasan yang serius terjadi pada unggas, disebabkan karenavirus yang diindetifikasikan dengan Tarpeia avium.

Cacar ayam (Fowl pox)
Gejala: tubuh ayam bagian jengger yang terserang akan bercak-bercak cacar, disebabkan karenavirus Borreliota avium. Pengendalian: dengan vaksinasi.

Marek
Penyakit ini menjadi populer sejak tahun 1980-an hingga kini menyerang bangsa unggas, akibat serangannya menyebabkan kematian ayam hingga 50%. Pengendalian: dengan vaksinasi.

Gumboro
Penyakit ini ditemukan tahun 1962 oleh Cosgrove di daerah Delmarva Amerika Serikat. Penyakit ini menyerang bursa fabrisius, khususnya menyerang anak ayam umur 3–6 minggu.
Dan masih banyak lagi hama dan penyakit ayam petelur seperti muntah darah hitam (gizzerosin), cacing, kutu dan penyakit karena Protoza. Semoga dengan infomasi hama dan penyakit ayam petelur ini terkandung banyak hikmah sehingga anda bisa anti-anti untuk budidaya ayam petelur.