Selasa, 29 November 2011

Mengenal Kolibri, Burung Mungil Penerbang Ulung

Kolibri merupakan burung kecil yang memiliki warna bulu yang indah dengan suara kicauan yang merdu. Oleh karena itu, harga burung kolibri ini juga lumayan tinggi. Sekarang sudah banyak para pecinta burung yang mememelihara burung ini karena keistimewaannya tadi. 

Dulu burung ini cukup mudah ditemui di seluruh pelosok indonesia. Namun burung mungil yang termasuk dalam keluarga Trochilidae ini sekarang populasinya di alam bebas sudah semakin sedikit karena banyak diburu.

Koloibri yang merupakan salah satu burung terkecil di dunia ini bisa menjadikan kebun dan taman menjadi lebih asri. Bahkan di beberapa negara di Eropa, banyak orang yang menyediakan makanan untuk kolibri yang mereka sebut hummingbird di halaman belakang rumah mereka.

Penerbang Ulung
Kemampuan terbang kolibri ternyata sangat mengagumkan. Burung ini mampu melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya 12-90 kali per detik (tergantung spesiesnya). Mereka juga merupakan satu-satunya jenis burung yang dapat terbang mundur. Burung kecil ini beratnya hanya 3-7 gram dengan panjang 6,4 cm.

Makanan Kolibri
Kolibri tidak memakan biji-bijian seperti burung lainnya, tetapi mereka lebih suka mengisap nektar langsung dari bunga. Walaupun demikian, kolibri yang dipelihara dapat pula diberi pakan air gula atau madu, tetapi ada juga jenis kolibri yang dapat diberi pakan kroto.

Kolibri terasuk burung yang rakus dalam makan. Burung ini makan 5 sampai 14 kali tiap jam. Hal ini karena kapasitas perut mereka yang tidak dapat menampung makanan dalam jumlah yang banyak sehingga kolibri harus sering makan.

Musim Kawin

Selama musim kawin, kolibri jantan akan berkicau dengan suara yang indah dan mondar mandir di depan betinanya. Sementara burung kolibri betina akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan melakukan akrobat di udara untuk menarik perhatian jantannya.

Sebagai Master
Burung kecil ini memiliki suara kicauan yang merdu dan sangat cocok untuk master isian terlebih untuk murai batu, kacer, kenari dan cucak ijo.

Harga Kolibri
Harga burung ini di pasaran lumayan tinggi. Saat ini haraga bakalan kolibri mencapai Rp 75.000 per ekor. Sementara untuk burung yang sudah dewasa harganya bisa mencapai dua sampai tiga kali lipatnya.

Memelihara kolibri sebenarnya tidak susah karena burung ini tidak memerlukan kandang yang besar. Merawatnya juga mudah asalkan memenuhi tiga aspek yaitu: makan, mandi, dan menjemur.


Catatan kaki
Kolibri, Penerbang Ulung, Minggu Pagi,  No 12 Th 64,  Minggu III Juni 2011

Gambar: imageshack.us