Senin, 02 April 2012

CARA MEMILIH KURA-KURA YANG BAIK

Untuk para peminat kura2 jika berniat mengembang biakan binatang yang satu ini, ada beberapa tips tentang bagaimana caranya memilih kura-kura Brazil, karena kura-kura yang dijual di pasar belum tentu semuanya bagus atau sehat. Tips ini saya dapat dari sebuah buku berjudul Panduan Praktis mengembang biakan Kura-Kura Brazil oleh Yo Hi Kuang terbitan G-media.

1. Perhatikan kumpulan kura-kura yang akan dibeli
Kura-kura yang baik tampak aktif dan waspada. Pilih kura-kura yang aktif dan menarik perhatian Anda. Pastikan pula airnya bebas dari kotor.


2. Ambillah kura-kura tersebut

Kura-kura tersebut seharusnya mempunyai berat yang memadai. Selain itu, gerakan kakinya dapat memberi gambaran akan tenaga dan daya responnya. Jika kaki belakangnya ditarik perlahan, kura-kura tersebut seharusnya mempunyai respon yang baik dengan cara menarik kakinya kembali. Kura-kura yang sakit biasanya tampak dari beratnya yang terlalu ringan dan mempunyai daya respon lemah.



3. Perhatikan kepalanya 
Matanya harus terbuka lebar dan cerah. Hindari kura-kura dengan mata cekung, tertutup, atau berair. Perhatikan bagian pipinya saat kepala kura-kura dilihat dari atas. Kedua pipi harus tampak beberapa menonjol dengan ukuran yang sama. Hindari kura-kura yang salah satu pipinya cekung ke dalam atau lebih lebar.


4. Perhatikan bagian kaki dan ekornya
Pastikan tidak ada luka atau pembengkakan yang aneh.


5. Perhatikan cangkangnya 
Periksa apakah ada luka atau tanda-tanda infeksi di cangkang atas dan cangkang bawah, lalu tekan cangkangnya perlahan-lahan. Jika terasa lembut dan lentur, jangan pilih kura-kura itu karena hal tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit tulang (metabolic bone disease). Cara lain untuk mengintetifikasi ada-tidaknya penyakit tulang adalah dengan menekan secara perlahan bagian pinggiran cangkang yang tipis. Kura-kura yang mempunyai penyakit tulang akan mempunyai sisi-sisi cangkang yang lentur.