Senin, 09 April 2012

IKAN MARBLE(SANG PENIPU)

Perairan Indonesia sangat kaya akan keragaman hayatinya. Salah satunya adalah ikan penipu ulung yang baru-baru ini  diketemukan di perairan Sulawesi. Ikan penipu ini sungguh ulung, karena dapat mengelabui gurita (master penipu). Pengertian penipu di sini berkaitan dengan kelebihan kamuflase hewan perairan. Beberapa hewan perairan mempunyai kelebihan berakting layaknya spesies lain sehingga terhindar dari pemangsa atau predator.
Ikan penipu tersebut diketemukan oleh penyelam Godehard Kopp ketika sedang menyelam di Selat Lembeh, Sulawesi Utara. Ikan penipu tersebut diperkirakan merupakan Black-marble Jawfish.

Marblefish(ikan Marble)
ikan marble Juga diketahui sebagai , Maori Chiefs yang besar dan memakai sirip mereka panggul dan dubur sebagai alat peraga untuk beristirahat ketika di bagian bawah.. They are herbivorous, found in the kelp and are slimy to touch. Mereka adalah herbivora, diketemukan di rumput perairan dan merupakan berlendir menyentuh. Kopp merekam perilaku ikan penipu tersebut. Dalam rekamannya, ikan penipu itu sedang berada di dekat Gurita Penyamar (Thaumoctopus mimicus), salah satu master kamunflase alias penipu spesies lain.
Menipu ala gurita
Ikan penipu tampak mengikuti ke mana pun gurita pergi. Ikan itu bahkan tampak bagai tentakel gurita penyamar. Ia bergerak mengikuti ke mana pun sang gurita penyamar pergi. walhasil, ikan penipu itu sukses mengelabuhi gurita penyamar yang tak menyadari bahwa di dekatnya ada spesies berbeda yang mungkin saja dapat dijadikan mangsa.