Kamis, 26 April 2012

Makanan Manusia yang Berbahaya Bagi Anjing dan Kucing

Bagi anda yang memelihara anjing dan kucing, mungkin anda terkadang memberikan makanan anda untuk peliharaan anda tersebut. Namun alangkah lebih baik jika anda tidak memberikan makanan manusia untuk anjing dan kucing. Hal ini karena ada sebagian makanan yang lazim dikonsumsi manusia namun ternyata berbahaya bagi anjing dan kucing. Beberapa makanan manusia yang berbahaya bagi anjing dan kucing antara lain adalah sebagai berikut.

Xylitol
Xylitol adalah pemanis buatan yang bisa ditemukan di makanan-makanan seperti permen, mint, pasta gigi, dan cairan pembersih mulut. Xylitol bisa menyebabkan pelepasan insulin di dalam tubuh anjing yang bisa menyebabkan hypoglycernia (gula darah rendah), dan juga bisa menyebabkan kerusakan hati.

Coklat, kopi, dan kafein

Coklat mengandung theobromine, dalam jumlah yang cukup, bahan ini sangat beracun untuk anjing. Coklat juga mengandung kafein, yang dapat ditemukan di kopi, teh, dan minuman soda. Kematian bisa terjadi dalam jangka waktu 24 jam setelah mengonsumsi coklat, kopi, dan kafein. Sebaiknya memang tidak memberikan coklat sama sekali kepada anjing peliharaan anda.

Anggur dan Kismis
Anggur dan kismis bisa menyebabkan gagal ginjal mendadak pada anjing dan kucing. Belum diketahui racun apa yang terdapat di buah ini yang bisa membahayakan anjing dan kucing.

Alpukat
Seluruh bagian dari alpukat seperti daun, buah, adalah racun untuk kucing dan anjing.

Bawang
Bawang mempunyai kandungan yang dapat merusak sel darah merah pada kucing dan anjing. Sel darah merah yang terkena dampaknya ini tidak dapat membawa oksigen dengan efektif. Memasak makanan dengan bawang pun tidak mengurangi efek berbahayanya untuk hewan peliharaan anda. Biasanya bawang bisa ditemukan pada makanan bayi, yang diberikan kepada hewan peliharaan ketika mereka sakit, pastikan untuk melihat label produknya.

Kacang Macadamia

Kacang ini umumnya terdapat di permen dan coklat. Mengapa kacang macadamia bisa menyebabkan keracunan sampai sekarang masih belum dapat dijelaskan, tetapi tanda-tanda kritis terdapat pada anjing jika memakannya seperti depresi, lemah, muntah, gemetar.

Pencegahan
Kebanyakan keracunan makanan manusia pada hewan peliharaan terjadi secara tidak sengaja. Hewan peliharaan menemukan dan mengunyah permen, atau mencuri makanan dari meja.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah menyimpan makanan di tempat tertutup atau tidak bisa diraih oleh hewan peliharaan anda.

Penting juga untuk mengajari anak-anak  supaya tidak memberikan permen atau makanan manusia lain kepada hewan peliharaan.

Bersumber dari www.vetstreet.com dengan perubahan