Minggu, 15 April 2012

IKAN NAPOLEON(IAN HIAS)

IKAN KARANG
Ikan Napoleon atau Wrasse (Cheilinus undulatus) merupakan ikan karang bervolume besar anggota dari saudara Labridae, dengan volume bisa mencapai 2 m dan berat 190 kg. Ikan Napoleon terutama dijumpai di terumbu karang di kawasan samudra hindia dan samudra pasifik. Ikan ini mempunyai pola reproduksi hermafrodit protogini dengan sebaran di wilayah perairan india-pasifik. Ikan napoleon merupakan jenis ikan karang yang mempunyai daya tarik menarik bagi para penyelam untuk peminat wisata alam bawah laut

SEBUTAN
Ikan ini dikenal orang Australia dengan nama Hump Head Maori Wrasse, yang dibedakan karena bagian mukanya mempunyai guratan-guratan yang menyamai hiasan muka orang Maori.Guratan-guratan tersebut berwarna krem (kuning susu) yang saling tumpang tindih pada bagian hidung dan pipi, kemudian meluas ke atas badan dan seberang ujung sirip dada. Badannya disepuh dengan warna hijau cerah dan di bagian atas seluruh seluruh sirip-siripnya berwarna coklat. Panjang ikan ini bisa mencapai 1.5 meter.
 
VOLUME MAKSIMAL
Beberapa ikan bisa mencapai volume sampai 180 kg pada usia 50 tahun. Ketika muda, ikan napoleon terlihat pucat dengan garis-garis vertikal lebih gelap. Begitu dewasa, warna tubuhnya menjadi hijau kebiru-biruan dengan garis-garis lebih jelas. Bibirnya menebal macam bibir Mick Jagger. Bagian atas kepalanya pun, di atas mata, menjadi benjol ke depan. Karena punuknya itu, orang pun menamainya Wrasse kepala berpunuk (Humphead wrasse). Wajahnya memiliki garis-garis tak beraturan. Di belakang matanya terdapat dua garis pendek berwarna hitam. “Goresan” hitam ini menyamai ornamen wajah suku Maori di Selandia Baru. Maka, ikan napoleon pun mendapat nama lain, Maori wrasse.