Senin, 02 April 2012

CIRI-CIRI IKAN LAYANG

Ikan layang (Decapterus russelli) memiliki nama umum round scad. Ikan layang adalah ikan yang memiliki kelebihan bergerak dengan cepat di air laut. Tingginya kecepatan tersebut dapat dicapai karena fisiknya tubuhnya yang seperti cerutu dan memiliki sisik yang sangat halus. Ikan layang (Decapterus russelli) fisiknya tubuh seperti cerutu tetapi agak pipih, sirip dada lebih pendek dari panjang kepala, maxilla hampir mencapai lengkung mata terdepan, ikan layang (Decapterus russelli) dalam keadaan segar seluruh tubuhnya berwarna merah jambu, dan pada bagian belakang tutup insang terdapat totol hitam (Burhanuddin et al, 1981). Menurut Anonimous.

Ciri-ciri ikan layang

 
1. fisiknya Cerutu (cigar shape/slim/fusiform)
fisiknya badannya seperti cerutu, langsing/ramping dan meruncing pada kedua ujungnya.(shape like cigar, slim, tapered at both ends)
 
2. Pipih Tegak (flat upright)
Pada fisiknya ini tinggi ikan lebih besar dari lebar ikan atau pipih tegak,. Compressed. (on this shape high fish larger than the width of fish or flat upright/compressed)
 
3 Pipih Melebar (widened flat)
Pada fisiknya ini tinggi ikan lebih kecil dari lebar, depressed (on this shapes high fish smaller than the width,depressed)

4 Lancip Memanjang/Bulat Panjang (elliptic)
Pada fisiknya ini potongan daging ikan bulat panjang, meruncing pada kedua ujungnya.

5Pipih Memanjang (long flat)
Pada fisiknya ini badan ikan pipih tegak dan panjang.