Rabu, 22 Juni 2011

Mengenal Kura-Kura Pipi Putih

Kura-kura pipi putih (Siebenrockiella crassicollis) adalah salah satu kura-kura lokal umum dipelihara. Kura-kura ini memiliki banyak nama seperti: Malayan Black Mud Turtle, Black (Mud) Terrapin, dan juga Smiling Terrapin. Nama yang terakhir dilekatkan karena kura-kura ini memiliki bentuk tepi rahang atas yang melengkung menyerupai senyuman.

 Kura-kura pipi putih memiliki tubuh relatif kecil, panjang tempurungnya saat dewasa dapat mencapai 20 cm. Kura-kura ini memiliki warna hitam di bagian punggung (karapas), atas kepala, dan perut (plastron). Terdapat bercak putih atau pucat pada pipi dan di atas matanya. Garis-garis atau pola putih kekuningan terdapat di sekitar hubungan antara keping-keping perut, atau kadang kala hitam seluruhnya.

Makanan
Kura-kura pipi putih dikenal terutama sebagai karnivor, biasanya memangsa ikan, udang, dan aneka siput. Namun juga mau memakan buah-buahan dan dedaunan. Bagi Anda yang memelihara kura-kura jenis ini ada baiknya untuk memisahkannya dari kura-kura jenis lain karena biasanya tidak akan mau makan jika ada kura-kura jenis lain didekatnya.

Habitat dan Penyebaran
Kura-kura pipi-putih menyukai wilayah berair tenang seperti rawa-rawa atau sungai kecil berarus lambat. Kura-kura ini didapati menyebar di Burma, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Indonesia (Sumatra, Kalimantan, dan Jawa).

Bagi anda yang ingin memelihara kura-kura ini saya sarankan untuk membeli dari hasil penangkaran bukan yang berasal dari penangkapan dari alam karena kura-kura pipi putih sudah masuk ke dalam kategori Rentan (VU, vulnerable). Mari kita cintai kura-kura lokal asli Indonesia.

Source : Wikipedia.org