Senin, 04 Juli 2011

LANGKAH PEMBUATAN AQUARIUM

Dewasa ini membuat akuarium sendiri bukan merupakan hal sulit. Berbagai jenis kaca dan bahan transparansi lain, peralatan pemotong kaca dan lem perekat kaca mudah diperoleh di toko-toko penyedia perangkat keras seperti toko besi.
Buatlah sebuah akuarium yang seusai dengan ruangan anda. Bentuk dan layout sebaiknya disesuaikan dengan interior rumah anda. Jangan sampai akuarium hadir sebagai benda yang kaku dan terasing di ruang anda.
Apabila ada menggarap akuarium sendiri, dirumah, hindarilah kehadiran anak kecil karena anda bermain dengan benda yang tajam, dan berbagai perlalatan lain yang tidak sesuai untuk anak-anak.


Berikut adalah garis besar langkah-langkah pembuatan sebuah akuarium:
Potong lembaran kaca sesuai dengan keingingan. Gosok tepi-tepi potongan kaca tersebut dengan batu asahan atau gurinda untuk menghaluskan pinggiran kaca yang tajam
Untuk memudahkan pengerjaan; potongan kaca disusun seperti pada gambar diatas. Selanjutnya permukaan kaca tersebut, terutama bidang permukaan yang akan direkat dibersihkan dari berbagai kotoran dengan larutan pembersih seperti acetone.
Mulailah menempelkan lem kaca (lem silicon) pada bidang pertemuan potongan kaca.
Untuk akuarium berukuran besar, lem kaca sebaiknya diberi ganjal berupa lempeng silikon atau bahan pejal lainnya. Hal ini dimaksudkan agar lem tidak tergencet oleh berat kaca yang akan direkatkan. Ganjal akan memungkingkan jarak antar kaca terjaga sedemikian rupa sehingga lem kaca akan tetap berfungsi sebagai peredam pemuaian dan pengerutan kaca bila mengalami perubahan suhu. Bila lem sudah terpasang dengan baik, kaca bagian sisi kecil bisa mulai dipasang..
Kedua sisi lainnya selanjutnya bisa dipasang. Apabila diperhatikan, penyusunan kaca untuk akuarium memerlukan
keakuratan tinggi dalam menentukan ukuran potongan kaca yang akan digunakan. Selain ketebalan kaca itu sendiri, maka ketebalan lem juga harus diperhitungkan.
Tukang kaca biasanya sudah paham apabila kita memesan potongan kaca untuk akuarium, tapi tidak ada salahnya anda membuat ukuran sendiri seakurat mungkin sebelum memesannya. Kesalahan yang terjadi setelah kaca dipotong bisa menyebabkan frustasi, terutama apabila hal tersebut disadari setelah sampai di rumah..
Setelah semua kaca menempel, jaga posisi mereka dengan menggunakan “plak band”. Biarkan dalam kondisi demikian hingga lem mengering. Bagian dalam sambungan antar kaca perlu dilapisi dengan lem, untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebocoran akibat perekatan yang tidak sempurna sebelumnya. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar hasil akhirnya rapi tetapi kuat…
Bila diperlukan, bagian dalam dan atas kaca bisa diperkuat dengan potongan kaca sedemikian rupa. Kaca penguat ini bisa juga berfungsi sebagai dekorasi.
Bravo! Anda sebentar lagi akan memliliki sebuah akuarium hasil karya anda sendiri. Setelah seluruh lem mengering (24-48 jam), ujilah akuarium anda untuk melihat ada tidaknya kebocoran. Apabila ditemukan kebocoran segera lakukan koreksi.
Apabila segalanya baik, maka akuarium tersebut sudah siap digarap untuk menghadirkan keindahan bawah air di rumah anda. Sebelumnya cuci dan bilaslah terlebih dahulu dengan air bersih. Kalau perlu biarkan terisi air selama 24 jam, sampai seluruh bau bahan perekat hilang dari akuarium tersebut. Ujilah dengan seekor ikan mas kecil, apabila ikan tersebut bertahan hidup maka akuarium tersebut sudah aman untuk diisi.