Senin, 04 Juli 2011

TIPS MERAWAT AQUARIUM

Perawatan rutin akuarium tentu saja akan bervariasi, tergantung pada sistem yang digunakan, penghuni yang diperlihara dll. Oleh karena itu, perawatan harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Berikut hanyalah beberapa panduan umum dasar dalam perawatan akuarium secara rutin.
Perawatan Harian
* Beri makan ikan setidaknya 2 kali sehari, terutama apabila ikan-ikan tersebut tergolong pada ikan yang memerlukan energi tinggi. Sesuaikan pemberian pakan untuk ikan lain, dan invertebrata
* Periksa kesehatan penghuni akuarium. Pindahkan dan rawat ikan yang tampak sakit ke dalam akuarium karantina
* Periksa apakah terdapat tanda-tanda ikan akan memijah, tempatkan ikan tersebut pada tempat pemijahan yang sesuai. Apabila ditemukan burayak pindahkan segera burayak tersebut ke tempat lain.
* Periksa temperatur akuarium
* Periksa kesehatan jenis-jenis ikan malam pada malam hari dan berikan pakan ikan tersebut sesaat sebelum atau setelah lampu dimatikan.
* Matikan lampu akurium sesaat sebelum lampu ruangan dimatikan atau sebelum cahaya alam menjadi gelap
Perawatan Mingguan
* Puasakan ikan selama satu hari (jangan lakukan hal ini pada ikan yang sedang/akan memijah atau pada burayak dan anak-anak ikan)
* Periksa heater, termostat. Cermati apakah ada atau tidak tanda kerusakan
* Periksa pH, kesadahan, kadar garam (untuk akuarium laut), kadar amonia dan nitrit. Lakukan koreksi apabila dijumpai parameter yang menyimpang secara perlahan-lahan
* Periksa cadangan pakan ikan, filter, dan peralatan lainnya
Perawatan Dua Mingguan
* Matikan aerasi (jangan lakukan untuk akuarium laut)
* Secara perlahan aduk permukan lapisan pasir/gravel pada akuarium anda
* Bersihkan algae pada kaca
* Biarkan kotoran dari kaca dan permukaan lapisan pasir yang diganggu tadi mengendap
* Siphon kotoran bersama dengan sekitar 25 persen air akuarium
* Ganti air tersebut dengan air yang telah diendapkan sebelumnya, usahakan agar pH, kesadahan, dan temperatur air tambahan ini sama dengan air akuarium
* Nyalakan kembali aerasi
Perawatan Tiga Mingguan atau Bulanan
* Bersihkan media filter mekanik
* Rendam dan bilas media filter biologi dengan menggunakan air akuarium (Jangan cuci dengan bahan pembersih, direbus/disiram air panas, atau menggunakan bahan kimia lain. Hal ini akan menyebabkan bakteri filtrasi mati sehingga filter biologi menjadi tidak berfungsi, sampai bakteri baru tumbuh kembali di media tersebut)
* Apabila anda menggunakan filter under gravel, bebaskan sementara pipa out let dari aerator atau head pump. Bersihkan bagian tersebut
* Melalui pipa out let tersebut masukan pipa siphon dan cobalah menyiphon kotoran (mulm) yang ada dibagian bawah filter under gravel.
* Bersihkan batu aerasi
* Periksa diafragma dan pompa aertaor
* Bersihkan pipa input udara pada aerator
* Periksa peralatan penerangan, terutama sambungan kabel, terminal-terminal dll
* Singkirkan bagian-bagian tanaman yang mati, dan lakukan pemangkasan apabila diperlukan
* Ganti tanaman yang tumbuh tidak subur.