Kamis, 16 Februari 2012

TANAMAN HIAI AIR TAWAR

Teratai
BUNGA TERATAI 
Bunga teratai digunakan oleh pembuat taman sebagai pengisi poin taman kolam. Teratai putih termasuk teratai dengan warna klasik. Teratai putih liar banyak dijumpai oleh kita di lahan-lahan basah. Bunga teratai putih memiliki variasi ukuran diameter dari yang kecil sampai besar.

Hasil persilangan bunga teratai dapat menghasilkan kombinasi warna yang beraneka ragam. Sosok tanaman beserta daun dari hasil persilangan yang diperkenalkan oleh pemulia tanaman juga bervariasi. Sesuai dengan selera penggemar tanaman air ini, nurseri-nurseri menyediakan tanaman teratai hasil persilangan.
Budidaya teratai dikategorikan sangat mudah. Tujuan budidaya teratai dibedakan oleh pembudidaya jadi dua.

  • Tujuan pertama, Budidaya teratai untuk mendapatkan tanaman teratai hias.
  • Tujuan kedua, budidaya teratai untuk mendapatkan buah dan sayuran. Perbanyakan tanaman teratai dapat dilakukan dengan dua cara. Buahnya dapat mengapung di air. Biji teratai mudah berkecambah di media lumpur. Cara kedua, perbanyakan menggunakan jaringan vegetatif. Perbanyakan vegetatif sering dipakai oleh pecinta tanaman hias. Pecinta tanaman hias hanya memisah anakan yang muncul.
Tanaman air ini tidak memerlukan pemupukan. Hewan-hewan air menyumbang nutrisi dan hara dalam jumlah yang cukup. Perawatan lain yang perlu dilakukan oleh pecinta tanaman air ini yaitu merapikan sulur daun teratai yang acak-acakan. Tanaman air ini memerlukan sinar matahari penuh.
Tanaman teratai atau padma jarang terserang hama dan penyakit. Lapisan lilin yang menyelimuti sulur dan daun adalah sistem pertahanan yang kuat.
Bagi orang yang sibuk tapi ingin meembudidayakan tanaman air ini merupakan pilihan yang tepat. Pemeliharaan tanaman teratai tidak memerlukan banyak waktu dan teknis yang runyam.