Rabu, 29 Februari 2012

Jenis-jenis Kelinci Berukuran Sedang Hingga Raksasa

Setelah sebelumnya membahas tentang Jenis Kelinci yang Berukuran Kecil, kali ini saya akan membahas mengenai berbagai jenis kelinci yang berukuran sedang hingga besar. Kelinci yang berukuran besar selain dipeliharan sebagai hewan kesayangan juga sebagian jenis dimanfaatkan sebagai kelinci pedaging. Berikut adalah jenis-jenis kelinci tersebut

1. English Angora (2,5kg – 3,6kg)

Kelinci ini memiliku bulu yang lebat dan banyak sampai ke kuping-kuping nya. Bulu di sekitar kaki panjang hingga terlihat seakan memakai sepatu. Kelinci ini juga memiliki bulu kuping yang panjang. English angora yang bagus bulunya mengembang dengan tekstur yang kuat dan tidak mudah putus serta padat. Sifatnya yang jinak dan lembut membuat kelinci ini banyak disukai.

2. Rex (3,4 kg – 4,7kg)

Rex adalah kelinci yang memiliki bulu seperti karpet dengan tekstur bulu yang padat dan lembut. Panjang bulu rex hanya sekitar 1,3 cm – 2,2 cm. Rex memiliki tubuh yang padat dan kompak serta memiliki gelambir di bawah dagu. Kepala kelinci Rex jantan relatif besar namun biasanya betina memiliki badan yang lebih besar dari jantan. Rex betina bahkan dapat mencapai bobot 4,7 kg.

3. French Angora (7,5 pound – 10 pound)
 French angora memiliki tubuh yg bulat dan panjang denan kuping tegak. Perbedaan dengan english angora adalah pada bagian wajah tidak memiliki bulu yang panjang dan di bagian kuping hanya memiliki bulu yang tipis. French angora memiliki berbagai macam warna.

4. California (4kg – 5,5kg)
California adalah hasil silangan antara chincila, himalayan dan newzealand. Kelinci ini memiliki tubuh yang panjang dengan kuping yang tegak. Corak yang ada pada kuping, hidung, ke empat kakinya dan ekor sama dengan himalayan. Hal yang membedakannya dengan Himalayan adalah ukuran badannya yang jauh lebih besar.

5. French Lop (>4,5kg)

French lop adalah jenis lop terbesar diantara jenis lop. Sesuai namanya, kelinci ini berasal dari perancis. French lop memiliki tubuh bilat gempal dan besar yang terdiri dari warna solid, charlie dan broken

6. Flemish Giant (6kg – 14,5kg)
Flemish giant adalah tipe kelinci dengan ukuran besar. Flemish Giant yang berusia 6 bulan keatas harus diatas 6kg. Kelinci raksasa ini memiliki tubuh panjang dan pada bagian pinggul bulat. Kupingnya sepanjang 16cm atau lebih. Flemish Giant hanya memiliki warna solid atau warna tunggal, tidak ada warna charlie atau totol.

Jika anda ingin memelihara kelinci dengan ukuran kecil, buka Bermacam Jenis Kelinci yang Berukuran Kecil

Artikel bersumber dari kaskus.us dengan berbagai perubahan