Rabu, 15 Februari 2012

KOMPETISI IKAN INTERNASIONAL

Kompetisi Ikan Internasional: Aquarama 2013, Singapura
Sebagaimana yang ditulis dalam situs resminya, http://aquarama.com.sg, Aquarama menyatakan diri sebagai eksebisi ikan hias internasional terbesar di Benua Asia, termasuk juga pameran hewan invertebrata, tumbuhan dan aksesoris. Event ini diorganisir industri ikan hias dan sektor terkait setempat. Karena namanya internasional, maka pesertanyapun tidak terbatas dari negara-negara asia saja, tapi seluruh dunia. Pada Aquarama 2011, 77 dari 129 peserta berasal dari negara-negara di luar asia antara lain Australia, Belgia, Canada, Prancis, Jerman, Israel, Italia, Belanda, Polandia, dan Amerika Serikat. Sedangkan dari Asia sendiri adalah China, Hong Kong, India, Indonesia, Japan, Korea, Malaysia, Philippines, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Singapore, dan Vietnam. Wow, sebuah ajang yang luar biasaaaa!

Aquarama 2013 dijadwalkan akan berlangsung tanggal 30 Mei – 2 Juni 2013 di Singapura. Event ini juga akan menggabungkan event lain yaitu “Pet Asia 2013” sehingga event ini akan menjadi sangat besar. Event ini menawarkan peluang bisnis tak terbatas pada sektor pasar yang ditargetkan. Para pemain dalam industri ikan hias dari seluruh dunia memilih Aquarama sebagai tempat pertemuan definitif mereka dan saluran untuk pertumbuhan bisnis mereka – apakah itu untuk mencari produk baru, menetapkan standar industri baru, atau hanya belajar tentang teknologi terbaru dan perkembangan industri.

Berdasarkan akumulasi terakhir dari Food and Agriculture Organization (FAO), Singapura, sekali lagi, menjadi negara pengekspor ikan hias nomor 1 di dunia, yaitu 20,3% dari nilai total ekspor hias dunia pada tahun 2008 (339,533 juta USD) (bandingkan dengan Indonesia yang hanya menguasai 7,5% nilai ekspor atau 12,6 juta USD!).
 Negara Singapura yang luasnya sebanding dengan Jakarta dan tidak banyak memiliki spesies asli ikan hias, saat ini menjadi eksportir ikan hias terbesar di dunia. Berdasarkan akumulasi IIPAE, di perairan Indonesia sendiri sedikitnya terdapat 650 spesies ikan hias air laut. Sedangkan jumlah spesies ikan hias air tawar Indonesia diperkirakan mencapai 400 dari total 1.100 di seluruh dunia. Yang lebih membuat miris lagi adalah, hampir 90 persen ikan hias yang diekspor keSingapura tersebut merupakan spesies ikan hias asli Indonesia.