Selasa, 07 Februari 2012

Serba-Serbi Cendet, Burung Master Ocehan

Burung cendet atau Pentet merupakan salah satu jenis burung yang paling sering dipakai untuk master burung kicau. Cendet  selain punya warna bulu yang cantik juga memiliki suara kicauan yang merdu dan keras namun tidak memekakan telinga. Suara kicauan burung cendet sangat variatif dan cenderung mendominasi ketika beradu dengan burung kicau lainnya.

Karakter burung cendet memang unik dan sangat cocok untuk master (isian) berbagai jenis burung kicau. Cendet biasanya dipakai sebagai isian untuk burung anis merah, kacer, cucak hijau, dan lain sebagainya.

Cara Membedakan Cendet Jantan Dan Betina
Untuk membedakan kelamin burung cendet anda dapat memperhatikan bagian-bagian tubuh burung cendet tersebut. Jika warna hitam pada pipinya mecolok berarti cendet tersebut jantan, namun jika warna hitamnya terlihat semu berarti burung tersebut betina. Burung cendet betina kepalanya biasanya terlihat menggelembung, sementara cendet jantan kepalanya cenderung ceper dan datar.

Jika anda masih kesulitan membedakan kelamin cendet dari bentuk fisiknya secara sekilas, maka lihatlah bagian supit burung tersebut. Jika supitnya terlihat kecil panjang dan motif bulu berupa garis tidak beraturan berarti jantan, sementara jika supitnya besar dan motif bulunya teratur seperti bunga berarti burung tersebut betina.

Ciri-ciri Cendet yang Baik Untuk Ocehan Maupun Masteran
Burung cendet yang bagus adalah yang memilikibadan tegap, sayap rapi, tubuhnya simetris, paruhnya tebal dan panjang. Kepalanya besar bulat dengan bagian atas yang datar.

Cendet yang punya kepala besar menunjukkan bahwa burung tersebut pintar. Sementara cendet yang memiliki paruh tebal dan panjang berarti burung tersebut memiliki suara kicauan yang keras.

Harga Bakalan Cendet
Haraga yang ditawarkan unruk bakalan cendet sangat berfariasi tergantung kualitas indukan burung tersebut. Biasanya harga untuk bakalan cendet sekitar ratusan ribu sampai satu jutaan rupiah. Jika burung tersebut sudah juara maka harganya dapat melambung hinnga mencapai tiga puluh juta lebih.

Catatan Kaki
Cendet Sang Master Ocehan, Minggu Pagi,  No. 44 Th. 64,  Minggu I Februari 2012