Rabu, 21 Maret 2012

Berbagai Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Hewan

Sebelum anda ingin membeli atau memelihara hewan peliharaan, tentunya banyak pertimbangan yang harus anda pikirkan masak-masak. Jangan sampai niat anda untuk merawat dan menyayangi hewan peliharaan justru menjadi beban untuk kehidupan anda. Untuk itu, perhatikanlah hal-hal berikut agar anda tidak salah dalam memilih hewan peliharaaan yang akan anda jadikan peliharaan.

Waktu
Anda perlu mempertimbangkan dengan benar apakah waktu yang anda miliki cukup untuk merawat peliharaan anda. Beberapa jenis peliharaan seperti mamalia dan burung membutuhkan waktu ekstra untuk perawatan dan pemeliharaan setiap hari. Jika anda termasuk orang yang sibuk, cobalah cari hewan yang tidak menghabiskan banyak waktu anda seperti reptil. Ular misalnya, anda cukup memberi makan beberapa hari sekali dan menjemur serta membersihkan kandangnya secara rutin setiap seminggu sekali. Namun jika anda termasuk orang yang memiliki banyak waktu luang, maka tidak ada salahnya untuk memelihara hewan seperti anjing dan kucing.

Uang
Uang yang dimaksud bukan hanya berapa rupiah uang yang anda butuhkan untuk membeli hewan peliharaan anda, tetapi juga seberapa banyak yang akan anda keluarkan untuk perlengkapan pendukung seperti kadang serta biaya yang akan anda keluarkan untuk pakan dan perawatan rutin termasuk untuk penanganan jika peliharaan anda sakit. Dalam hal ini, banyak kasus orang yang membeli hewan peliharaan tertentu tanpa pikir panjang hanya karena harganya murah, padahal harga murah bukan berarti perawatan dan pemeliharaanya juga murah. Kura-kura brazil misalnya, anda cukup membayar belasan ribu rupiah untuk membelinya namun uang yang akan anda keluarkan akan mencapai puluhan kali lebih besar untuk merawatnya hingga dewasa.

Pengetahuan
Sebelum memutuskan untuk membeli peliharaan, anda tentunya harus mengetahui mengenai seluk beluk perawatam hewan yang akan anda pelihara. Paling tidak, anda harus mengetahui bagaimana cara perawatan dasarnya. Anda juga patut mengetahui resiko apa yang akan anda peroleh jika anda memeliharanya seperti panyakit yang mungkin saja dapat menular pada anda.

Tempat dan Lingkungan
Peliharaan yang akan anda pelihara tentunya harus sesuai dengan space yang ada di rumah yang anda miliki. Selain itu, peliharaan anda juga harus sesuai dengan lingkungan tempat anda tinggal, apakah anda tinggal di apartment atau di lingkungan perumahan.

Moral
Anda harus benar-benar yakin bahwa anda mampu untuk memelihara peliharaan tersebut sampai kapan pun. Jangan sampai suatu saat anda merasa bosan dan berniat untuk membuang peliharaan yang anda miliki.

Status konservasi
Hal terakhir yang perlu anda perhatikan menurut saya adalah status konservasi. Apakah hawan yang anda pelihara termasuk hewan yang dilindungi atau tidak? Apakah hewan tersebut termasuk hewan yang terancam punah atau tidak? Saya sangat tidak mendukung untuk memelihara hewan yang dilindungi. Semua ini untuk tetap menjaga agar mereka tetap lestari di alam. Jika anda membeli hewan langka dari hasil ilegal, maka secara tidak sadar anda telah ikut mendukung perburuan liar. Jika anda memutuskan untuk memelihara hewan yang dilindungi misalnya seperti jalak bali, maka anda harus membelinya melalui penangkaran yang memiliki izin resmi dari pemerintah.

Selamat memilih hewan peliharaan.