Sabtu, 24 Maret 2012

HIU BANTENG

Hiu banteng, juga dikenal dengan Hiu Zambezi atau Zambi di Afrika dan Hiu Nicaragua di Nicaragua, banyak dijumpai di perairan dangkal dan hangat sepanjang pantai, dan dikenal karena kelakuannya yang tidak dapat diprediksi, kadang-kadang agresif. Mereka toleransi terhadap air tawar, hal ini sangat langka dijumpai pada hiu laut. Dengan ini mereka bisa pergi jauh menelusuri hulu sungai dan menyerang manusia jauh dari laut. Meskipun begitu mereka bukan hiu sungai (genus glyphis) sejati.

Makanan
Makanan hiu banteng bermacam-macam meliputi ikan, hiu lain, ikan pari, lumba-lumba, penyu, burung, kerang, echinodermata, udang-udangan, bahkan mammalia darat.
Hiu Banteng bersifat sangat agresif dan biasanya hidup didaerah padat manusia di tepi-tepi pantai tropis. Hiu jenis ini bahkan tidak mempedulikan bahwa mereka masuk ke daerah air payau atau bahkan masuk ke sungai berair tawar. Seekor Hiu Banteng bahkan pernah dijumpai ribuan mil jauh di dalam sungai Amazon, bahkan di Nikaragua pernah dijumpai Hiu Banteng yang berusaha masuk ke sebuah danau di daratan dengan melawan arus sungai seperti halnya seekor ikan salmon.