Minggu, 25 Maret 2012

Merawat dan Memperlakukan Kura-kura Brazil yang Baru Dibeli

Jika anda baru saja membeli kura-kura brazil, maka terkadang anda akan menghadapi berbagai masalah seperti kura-kura brazil anda tidak mau makan atau selalu memasukkan kepalanya ke dalam tempurung. Beberapa masalah seperti itu adalah hal yang lumrah jika kura-kura brazil tersebut baru anda beli dan belum menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Jika kura-kura brazil tersebut belum mau makan, kemungkinan karena masih melakukan penyesuaian dengan tempat baru. Yang dapat anda lakukan adalah terus memberikan pakan sampai mau atau variasikan dengan pakan yang lain. Pemberian pakan dapat dilakukan 2x sehari (pagi dan sore). Terkadang kura-kura terlihat malu (takut) untuk makan saat ada manusia di dekatnya, oleh karena itu cobalah untuk menyingkir sejenak setelah anda beri makan. Jika setelah beberapa menit masih ada pakan yang tidak termakan, ambil dam buang agar tidak mengotori air. Apabila setelah beberapa hari tetap menolak makan dan kondisi kesehatan menurun dengan gejala lemas atau mata menutup, besar kemungkinan kura dalam kondisi sakit.

Menyatukan Dengan Kura-kura Lama
Jika sebelumnya anda telah memiliki kura-kura, maka jangan langsung mencampurkan kura-kura brazil yang baru anda beli dengan yang sudah ada. Anda perlu memastikan apakah kura-kura yang baru anda beli dalam kondisi sehat. Kita perlu berhati-hati karena air tempat hidup kura-kura brazil merupakan medi penularan penyakit yang baik. Untuk berjaga-jaga, karantinalah dahulu selama beberapa hari agar jika membawa virus tidak menular ke kura lama.

Kura-kura brazil baru juga perlu direndam dalam larutan obat anti jamur (tidak perlu sampai pekat), karena kondisi air dan habitat di tempat penjual bisa saja terjangkit jamur. Hal ini untuk antisipasi agar tidak menular ke kura-kura lama kita.

Setelah anda memastikan bahwa kura-kura brazil yang baru dalam kondisi sehat, anda dapat mencampurkannya dengan kura-kura yang lain. Tetapi harus diawasi, bisa terjadi ada penolakan dari kura lama atau kura baru memiliki sifat agresif. Kemungkinan terburuk bisa saling melukai yang berakibat terburuk kehilangan anggota tubuh, bahkan kematian. Jika terlihat dapat membaur, maka kura tersebut dapat hidup bersama dan tetap berikan perhatian selama beberapa hari.

Bersumber dari kaskus.us dengan perubahan