Kamis, 29 Maret 2012

CARA MEMBERI MAKAN KURA-KURA

Kura-kura adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut (ordo) Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan gampang dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku. Batok kura-kura ini terdiri dari dua bagian. Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral, perut) disebut plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung. Perkecualian terdapat pada kelompok labi-labi (Trionychoidea) dan jenis penyu belimbing, yang lapis luarnya tiada bersisik dan digantikan lapisan kulit di bagian luar tempurung tulangnya. Dalam pemeliharaan ura-kura, [ara pecinta hewan ini harus memiliki pengetahuan yang memedai tentang pemeliharaannya. nanti saya akan menyingkap rahasia memeliara dan memberi pakan kura-kura. dan ini dia rahasianya, SELAMAT MEMBACA.!!


Berikan suplemen

Memberikan suplemen berupa kalsium sangat amat penting bagi pertumbuhan kura-kura. Dianjurkan memakai suplemen kalsium yang mengandung vitamin D3 jika kura-kura dipelihara di dalam ruangan (indoor). Sementara untuk kura-kura yang dipelihara di luar rumah (outdoor) cukup diberikan suplemen kalsium tanpa vitamin D3. Dianjurkan untuk menyediakan tulang sotong (cuttlefish bone) agar dapat digerogoti oleh kura-kura.

Beri serangga, cacing
Berdasarkan makanannya ada dua jenis kura-kura, yaitu jenis kura-kura herbivora dan jenis kura-kura karnivora. Sementara itu makanan kura-kura karnivora : serangga, cacing, dan ikan. Makanan kura-kura yg instan juga baik diberikan kepada hewan kesayangan Anda tersebut. Anda bisa menemukan makanan kura-kura komersial di pasaran, seperti petshop atau supermarket. Kura-kura yang malas makan biasanya disebabkan oleh stres, sakit, berebutan makan dengan kura-kura yang agresif, habitatnya yang terlampau dingin, makanan yang tidak cocok, atau menaruh makanan di tempat yang salah. Suhu juga turut berpengaruh terhadap ”mood” makan kura-kura.  Pastikan suhu habitat cocok untuk jenis kura-kura anda. Suhu yang terlalu rendah membuat mereka malas makan. Sebenarnya Kura-kura dapat diberi makanan pelet maupun makanan segar tergantung selera. Banyak banget lho makanan pelet kura-kura, tapi g semua ada komposisinya. Dan juga diberi makan pelet ikan biasa juga, asalkan komposisinya bagus