Senin, 26 Maret 2012

IKAN ANGLER FISH

Anglerfish merupakan ikan yg unik. Penampilannya sejenak menyeramkan karena fisiknya berbentuk bulat & memiliki mulut yg lebar & bertaring melengkung panjang. Ciri khas lain ikan angler adalah organ lampu semacam “tali pancing” di bagian atas moncongnya. Ikan angler jenis lain, misalnya Thaumaticthys pagidostomus, memiliki organ cahaya di bawah giginya. Ikan angler tidak memiliki gelembung renang ( karena pada kedalaman itu gelembung renang atau paru-paru manusia) akan hancur akibat tekanan bawah laut, sehingga ikan itu menghabiskan seluruh hidupnya di laut dalam & tidak pernah naik ke permukaan.

Habitat
Ikan angler tinggal di laut dalam yang bersuhu antara 3-10 derajat Celcius. Ikan jenis ini berada di laut dalam yang sangat tipis dan halus. Kulitnya berwarna hitam dan gelap sehingga semakin mengaburkannya dari pemangsayang ingin menyerangnya. Ikan ini memiliki mulut yang besar dengan giginya yang tajam dan panjang. Gigi-gigi ini melengkung ke dalam agar mangsa yang tertangkap bisa langsung masuk ke dalam mulut. Selain itu, mengburkannya memiliki antena dengan ujungnya yang bercahaya.mengburkannya biasanya tidak banyak bergerak. Ia lebih memilih diam sambil menunggu mangsa yang mendekat. Begitu dekat, mangsa tersebut langsung dicaploknya. Hanya mengburkannya betina saja yang memiliki antena bercahaya. Selain untuk menarik perhatian mangsanya, antena ini juga digunakan untuk menarik perhatian pasangan. Cahaya pada antena ini berasal dari jutaan bakteri yang mengeluarkan cahayanya sendiri.
Fakta Menarik
mengburkannya jantan sering tampak menempel pada betinanya. Malah diketahui juga para jantan ini mengambil sari makanan dari aliran darah si betina