Jumat, 30 Maret 2012

Membersihkan Lumut Di Tempurung Kura-Kura Brazil

Sering kali ditemukan lumut di tempurung kura-kura brazil. Terutama untuk kura-kura yang yang dipelihara di luar rumah (outdoor). Cara membersihkan lumut di tempurung kura-kura brazil yang paling sederhana adalah dengan menyikat tempurung kura-kura menggunakan sikat gigi.

Sebelum memulai membersihkan lumut yang ada di tempurung kura-kura brazil. Yang perlu anda persiapkan antara lain adalah sikat gigi, baskom untuk menaruh kura-kura anda, air hangat, dan obat merah/betadin untuk berjaga-jaga jika terjadi luka.

Setelah menyiapkan semua yang diperlukan, ambil kura-kura anda dari kolam atau akuariumnya dan masukkan dalam baskom. Baskom ini digunakan untuk menaruh kura-kura anda selama dibersihkan untuk mengantisipasi jika kura-kura anda berontak saat dibersihkan. Untuk kura-kura yang berukuran kecil, anda tidak perlu menyiapkan baskom.

Pegang kura-kura anda lalu bilas tempurungnya dengan air hangar. Anda harus berhati-hati dalam memegangnya agar tidak tergigit atau tercakar, terutama jika kura-kura brazilnya sudah dewasa.

Sikatlah bagian yang terdapat lumut dengan perlahan. Jangan sikat terlalu keras agar tidak menimbulkan luka. Jika terjadi luka pada tempurung, obati dengan obat merah/betadine. Jika setelah cukup lama disikat dan masih ada lumut yang tertinggal, bersihkan pada hari yang lain agar kura-kura tersebut tidak stress. Menyikat tempurungnya terlalu lama dapat mengakibatkan kura-kura brazil anda menjadi stress.

Kadangkala kulit (mirip sisik) kura-kura akan ikut terkelupas saat disikat. Hal ini dikarenakan kura-kura tersebut sedang mengalami shedding (ganti kulit). Proses shedding ini merupakan proses alami yang umum dialami oleh reptil (juga dialami ular dan kadal). Menyikat juga dapt dilakukan untuk membantu lepasnya kulit lama saat proses shedding berlangsung.