Minggu, 25 Maret 2012

Berbagai Jenis Cupang Hias Alam

Ikan cupang selain sebagai ikan aduan juga dapat dinikmati keindahannya sebagai ikan hias. Ikan cupang hias biasanya merupakan ikan cupang yang dihasilkan karena campur tangan manusia seperti persilangan dan sebagainya.

Meskipun begitu, ada juga jenis ikan cupang yang telah membawa keindahannya secara alami tanpa campur tangan manusia. Ikan cupang ini disebut cupang hias alam. Meski diperoleh langsung dari alam, keindahannya dapat langsung dinikmati.

Cupang hias alam memiliki bentuk tubuh yang relatif ringkas dengan sirip yang pendek. Cupang hias alam ini selain dinikmati keindahannya juga dapat digunakan sebagai ikan cupang aduan. Berikut adalah berbagai jenis ikan cupang hias alam

Cupang Brunay
Cupang brunay (Betta macrostoma) berasal dari Kalimantan. Warna tubuh cupang ini kemerahan dengan kombinasi biru atau hijau. Sementara siripnya berwarna hijau tua dengan hiasan guratan merah dan hijau muda di bagian tepinya. Komposisi warna yang begitu indah tersebut membuat cupang dengan panjang tubuh maksimal 12 cm ini layak dijuluki sebagai “brunei beauty”.

Cupang Emas
Cupang emas (Betta unimaculata) berasal dari wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia, cupang bersirip panjang ini dapat ditemui pada sungai-sungai kecil di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Warna tubuh dan sirip cupang emas yaitu kuning kemilau kehijauan. Oleh sebab itu, wajar jika cupang dengan panjang tubuh maksimal 12 cm ini juga dinamakan “golden beta”.

Cupang Sarawak
Cupang sarawak (Betta akarensis) berasal dari Kalimantan dan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya. Warna tubuh cupang sarawak kelabu kehijauan. Sementara siripnya yang panjang berwarna hijau muda transparan. Panjang tubuh maksimal cupang sarawak yaitu 7 cm.

Cupang Paradise
Cupang paradise (Macropodus opercularis) banyak dijumpai di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Warna tubuh cupang paradise hijau muda dengan hiasan garis-garis vertikal berwarna hijau tua, sedangkan siripnya yang panjang berwarna hijau berkilau. Sirip ekornya yang lebar memanjang di bagian atas dan bawah sehingga sirip ekornya terlihat bercabang. Panjang tubuh maksimal cupang Sarawak yaitu 8 cm.

Cupang Surga
Cupang surga (Macropodus concolor) dapat dijumpai di Jawa, Sumatera, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Warna tubuh cupang ini kuning kecokelatan, sedangkan siripnya yang panjang berwarna kuning trasparan. Sirip ekor cupang surga berwarna merah kemilau dan bentuknya mirip cupang paradise. Di Jawa, cupang surga juga disebut cupang paradise. Panjang tubuh cupang surga mencapai 12 cm.

Cupang Sawah
Cupang sawah (Trichopsis schalleri) dapat dijumpai dengan mudah pada persawahan di daerah Jawa dan Sumatera serta sungai-sungai kecil di Kalimantan. Warna tubuh cupang ini kekuningan dan seluruh siripnya yang panjang berwarna merah transparan. Sepintas, penampilan cupang sawah lebih mirip ikan sepat dibandingkan ikan cupang. Namun, justru ikan inilah yang pertama kali mendapat julukan sebagai ikan cupang. Panjang tubuh cupang sawah hanya 6 cm.

Lihat pula: Peluang bisnis ikan cupang

Bersumber dari kaskus.us dengan perubahan