Jumat, 30 Maret 2012

Alasan Kenapa Kura-Kura Brazil Harus Berjemur

Berjemur bagi kura-kura brazil sangatlah penting. Kura-kura harus berjemur setiap hari sama seperti reptil lainnya. Kura-kura sangat butuh berjemur karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, proses metabolisme pencernaan dan sintesa kalsium. Waktu yang tepat untuk menjemur kura-kura brazil adalah di pagi hari sampai menjelang siang.

Seperti reptil yang lain, kura-kura juga membutuhkan sinar meatahari untuk menjaga suhu tubuh dan melakukan proses metabolisme. Komponen yang dibutuhkan oleh kura-kura brazil antara lain adalah sinar UV-A untuk membantu pengelihatan kura serta UV-B untuk proses sintesa dan metabolisme di tubuh. Agar kura-kura anda memperoleh UV-A dan UV-B, anda harus menjemur kura-kura anda secara rutin, atau dengan menyediakan lampu khusus.

Di alamnya, kura-kura memperoleh semua kebutuhan vitamin D3 nya dari hasil reaksi kimia pada kulitnya, setelah terkena spektrum sinar matahari UV-B. Satu senyawa terbentuk yang dikenal sebagai provitamin D (7dehydroxycholesterol -7DCH). Setelah itu diubah menjadi vitamin D oleh suhu. Penyediaan UV-B dengan suhu jemur (basking) yang cukup sangat penting jika ingin proses ini berjalan dengan baik.

Jika kura-kura brazil dipelihara di luar rumah (di kolam), anda perlu menyediakan tempat untuk berjemur bagi kura-kura anda. Pastikan bahwa sinar matahari langsung mengenai kura-kura anda karena jika tertutup sesuatu seperti kaca atau plastik, maka yang diterima hanya panasnya saja. Dengan menyediakan tempat untuk berjemur, kura-kura brazil dapat berjemur selama yang ia inginkan.

Jika kura-kura brazil dipelihara di dalam ruangan, anda harus menjemurnya di laur rumah. Waktu penjemuran cukup 15-20 menit dan jika terlalu lama dapat menyebabkan kura dehidrasi atau bahkan kematian. Anda dapat menjemurnya dengan memasukkannya ke dalam tempat yang berisi air dangkal (cukup setinggi karapas), namun jika ingin menjemur keringan tanpa air, waktunya harus lebih pendek, karena wadah akan ikut menjadi panas. Atau jika khawatir, dapat ditambahkan sedikit tutup pada wadah berjemur, sehingga kura dapat berteduh jika kepanasan.

Alternatif lain jika tidak sempat menjemur, dapat menggunakan lampu khusus reptil yang memancarkan UV-A dan UV-B. Tentu saja biaya yang harus anda keluarkan akan lebih besar jika dibanding dengan menjemurnya secara konvensional.

Dari berbagai sumber.