Kamis, 22 Maret 2012

JENIS-JENIS PAUS

PAUS BUNGKUK
Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) adalah paus balin, salah satu spesies rorqual paling besar, panjang paus bungkuk dewasa sebesar 12-16 meter dan mempunyai berat 36.000 kilogram. Paus Bungkuk mempunyai bentuk tubuh yang istimewa, dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol. Jantan mengeluarkan lagu yang terdengar selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk beberapa jam pada satu waktu. PAUS MINKE
Paus Minke atau Rorqual Kecil adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Paus ini terbagi menjadi dua spesies, yaitu B. acutorostrata dan B. bonaerensis. Paus ini adalah paus balin terkecil kedua.

PAUS PEMBUNUH
Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies paling besar dari keluarga lumba-lumba. Spesies ini dijumpai di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat.
Paus pembunuh menggunakan ‘siulannya’ untuk berbicara satu sama lain dan sebagai cara menemukan jalan di sekitar mereka. Meskipun jarak antarpaus satu dan lainnya sampai satu mil jauhnya, tetapi pada saat mendengar suara keras, maka antarpaus satu dan lainnya saling berdatangan untuk berbagi hasil tangkapan mereka.
Orca jantan lebih besar dari betina. Mereka adalah anggota paling besar dari keluarga lumba-lumba.
Orcas mempunyai tubuh gempal dan kepala bulat dengan paruh khas. Sirip punggung dari jantan lebih tinggi (sampai 6 ft tinggi) dan tegak lebih dari itu dari wanita (yang sirip punggung sampai dengan 4 ft tinggi).
Habitat
Paus pembunuh hidup di perairan mulai dari tropis ke kutub, dan keduanya perairan pesisir dan laut dalam. Mereka dijumpai di semua samudera di dunia dan sebagian besar lautan. PAUS SIRIP
Paus Sirip (Balaenoptera physalus) adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Paus, yang mempunyai panjang hampir sepanjang 27 meter, adalah paus paling besar kedua dan binatang paling besar kedua di dunia setelah paus biru.

 PAUS SIRIP
adalah paus yang berpostur panjang dan langsing. Terdapat 2 subspesies: paus sirip utara di Atlantik utara dan paus sirip Antartika di samudera daerah selatan. Paus ini dapat ditemui di semua samudera utama dunia, dari daerah kutub sampai lautan tropis. Paus ini tidak dapat ditemui di perairan ber-es seperti di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Paus ini juga tidak dapat ditemui di perairan kecil yang jauh dari samudera terbuka. Populasi paling besar paus ini dijumpai di perairan hangat dan dingin. Makanan paus ini adalah ikan, cumi-cumi dan crustacea, termasuk mysidacea dan krill. Sama seperti semua paus besar lainnya, paus sirip diburu selama abad ke-20 dan kini merupakan spesies terancam. 

 
PAUS SPERMA
Ikan paus sperma, Physeter macrocephalus, adalah spesies mamalia laut, ordo Cetacea, ikan paus bergigi (odontocete) yang mempunyai otak paling besar. Ikan paus sperma adalah satu-satunya anggota genus Physeter. Ini adalah salah satu dari tiga spesies yang tersisa di superfamili ikan paus sperma, bersama dengan ikan paus sperma pygmy dan ikan paus sperma cebol.

Ini adalah hewan bergigi paling besar. Kepala bisa memakan hingga sepertiga panjang binatang ini. Makanannya termasuk cumi-cumi raksasa dan kolosal. Paus ini hidup dalam kelompok yang dinamakan polong. Polong dari perempuan dan muda mereka hidup terpisah dari jantan yang lebih tua. Para perempuan bekerja sama untuk melindungi dan perawat muda mereka.

PAUS BIRU
Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin.[3] Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan memiliki massa 181 ton metrik atau lebih. Binatang ini diyakini sebagai hewan terbesar yang pernah ada. Panjang dan langsing, tubuh paus biru dapat bervariasi keteduhan kelabu kebiruannya.[3] Ada sedikitnya tiga perbedaan subspesies: B. m. musculus Atlantik utara dan Pasifik utara, B. m. intermedia, Samudra selatan dan B. m. brevicauda (juga dikenal sebagai paus biru kerdil) dijumpai di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Selatan. B. m. indica dijumpai di Samudra Hindia, mungkin menjadi subspesies lain. Seperti dengan paus balin lain, pola makannya berisi secara pokok crustacea kecil yang dikenal sebagai krill, yang sama baiknya dengan ikan kecil dan cumi-cumi.