Minggu, 04 Maret 2012

PARASIT IKAN HIAS(Cymothoa exigua)


Cymothoa exigua atau kutu pemakan lidah adalah sejenis parasit Crustacea,Parasit ini menempel pada bagian dasar lidah ikan dengan masuk melalui insang.
kutu lidah ini masuk melalui insang ikan, dan kemudian menempel lidah ikan tersebut. kutu lidah ini menghisap darah melalui cakar di bagian depannya, sehingga menyebabkan lidah sang ikan yang dihinggapi 


kekurangan darah 
Cymothoa exigua atau kutu pemakan lidah adalah sejenis parasit Crustacea,Parasit ini menempel pada bagian dasar lidah ikan dengan masuk melalui insang.

Kutu Lidah Memakan Lidah Korbannya
kutu lidah parasit ini juga mengganti ikan lidah dengan melampirkan tubuhnya sendiri ke otot-otot dari lidah rintisan. Akan tetapi ikan yang dihinggapi kutu lidah ini dapat menggunakan lidahnya secara normal.

Exigua Cymothoa menggantikan lidah samg ikan, lalu memakan darah inangnya serta memakan pakan lainnya pada lendir ikan. Namun saat ini diyakini bahwa Exigua Cymothoa tidak berbahaya bagi manusia kecuali mengambil Exigua Cymothoa secara hidup - hidup, karena Exigua Cymothoa dapat menggigit.

Ada banyak jenis Cymothoa , akan tetapi hanya Exigua Cymothoa lah yang dikenal mengkonsumsi dan mengganti lidah si ikan yang menjadi korbannya.

Penemuan Exigua Cymothoa si Kutu Lidah
Pada tahun 2005, ikan yang ditempeli kutu air parasit Exigua Cymothoa ini ditemukan di Inggris . Exigua Cymothoa biasanya ditemukan di lepas pantai California , sehingga menyebabkan spekulasi mengenai perkembangbiakan Exigua Cymothoa yang cepat. Kutu lidah Exigua Cymothoa ini sekarang menjadi bagian dari koleksi Museum Horniman.