Minggu, 11 Maret 2012

Serba-serbi Burung Kacer

Cara pemeliharaan burung kacer relatif mudah. Kacer suka menirukan suara burung lain sehingga cocok untuk pengisi suara burung. Harga burung kacer saat ini cukup bagus di pasaran. Itulah sebabnya banyak penghobi burung kicau yang memelihara burung yang sering dianggap sebagai kembaran burung murai batu ini.

Beberapa orang kini mulai melirik usaha penangkaran burung kacer. Prospek penangkaran kacer lumayan menjanjikan. Harga bakalan burung kacer di pasaran kini berada pada kisaran beberapa ratus ribu rupiah. Bahkan bakalan kacer yang memiliki indukan yang bagus dapat berharga hingga jutaan rupiah per ekor.

Cara perawatan burung kacer tidaklah terlalu sulit. Kunci dari perawatan adalah rajin memandikan burung tersebut dan menjemurnya setiap pagi. Waktu yang tepat untuk menjemur burung kacer adalah sekitar pukul 08.00 sampai 11.00.

Selain memandikan, hal yang tidak kalah penting adalah memberikan pakan yang berkualitas dan dengan porsi yang tepat. Burung kacer tidak boleh diberikan makanan yang berlebihan karena dapat mengakibatkan kelebihan berat badan. Kacer yang memiliki kelebihan berat badan akan malas bergerak dan tidak mau mengeluarkan suara kicauan.

Tips Agar Ocehan Kacer Maksimal
Tips agar kicuan burung kacer dapat maksimal adalah dengan mengangin-anginkan kacer setelah dijemur dan menutupi sangkarnya dengan kerodong. Setelah itu kacer didengarkan suara kicauan kacer yang berasal dari kaset. Tips ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk memancing dan melatih kicauan kacer.

Bagi anda yang ingin membeli burung kacer, ada baiknya untuk membuka: Cara Memilih Bakalan Kacer Berkualitas