Jumat, 02 Maret 2012

Ciri-ciri Kelinci yang Sehat

Salah satu hal terpenting dalam membeli kelinci adalah memilih kelinci yang sehat. Cara untuk membedakan kelinci yang sehat dengan yang sakit tidaklah sulit. Namun terkadang bagi pemula masih agak bingung untuk memilih kelinci yang sehat, berikut ini adalah ciri-ciri kelinci yang sehat

1. Warna mata carah dan jernih
Kelinci yang sehat memiliki mata yang bersih, carah dan jernih. Sorot mata yang tajam juga merupakan salah satu indikator bahwa kelinci tersebut sehat.

2. Mulut dan gigi bersih
Periksalah apakah mulut dan gigi kelinci tersebut terlihat sehat atau tidak. Perhatikan pula taringnya, kelinci yang sehat memiliki taring yang kuat namun tidak tajam.

3. Hidung bersih dan tidak ada cairan
Perhatikanlah bagian hidung kelinci yang akan anda pilih. Apabila ada cairan pada hidungnya ada kemungkinan bahwa kelinci tersebut mengalami flu.

4. Telinga tegak
Sebenarnya hal ini tidak mutlak untuk semua jenis kelinci karena sebagian jenis kelinci memang memiliki karakter telinga yang layu atau turun.

5. Kaki yang kuat dan tegak
Kelinci yang sehat memiliki kaki yang tegak, oleh karena itu perhatikanlah bagaimana kaki kelinci tersebut ketika ia berdiri.

6. Tubuh padat berisi
Tubuh yang padat dan berisi merupakan salah satu ciri bahwa kelinci tersebut sehat.

7. Ekor tegak
Kelinci yang sehat memiliki ekor yang lurus dan tegak.

8. Dubur bersih
Periksalah dubur serta kotorannya, jika dubur atau kotorannya basah maka jangan pilih kelinci tersebut.

9. Aktif dan tidak penakut
Perhatikan apakah kelinci tersebut aktif atau tidak. Kelinci yang aktif berarti bahwa organ geraknya berfungsi dengan baik dan ini menunjukkan bahwa ia dirawat dengan baik. Selain itu jangan pilih kelinci yang takut saat didekati manusia karena akan merepotkan saat melakukan perawatan.

Artikel selanjutnya: Tips Memilih dan Membeli Kelinci yang Baik