Rabu, 07 Maret 2012

Kandang yang Ideal untuk Ball Python

Kandang yang dibutuhkan oleh ular pada umumnya tidaklah rumit, begitu pula dengan kandang untuk ball python. Untuk memelihara ular ball python, anda cukup menyediakan kotak kontainer yang berfentilasi sebagai kandang. Tentunya ukuran kontainer harus sesuai dengan ukuran ball python yang anda pelihara serta dilengkapi dengan barang-barang pendukung lainnnya. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat kandang yang ideal untuk ball python peliharaan

Ukuran Kandang

Kontainer untuk ball python dewasa idealnya memiliki volume kurang lebih 40 Galon (97x46x40cm), sementara utuk ball python yang masih bayi cukup sediakan dengan ukuran setengahnya. Anda harus benar-benar mengecek tutup kontainernya karena ball python sangat pintar melarikan diri. Untuk kandang ball python, alangkah lebih baik jika anda memperhatikan hal-hal berikut:

Hiding Box (tempat untuk sembunyi)
Selalu sediakan Hiding Box untuk ball python terlebih lagi apabila ball pythonnya masih kecil. Hal ini agar ballpython merasa aman dan terlindungi sehingga Ballpython tidak mudah stress, dan jika ball python tidak stress maka nafsu makan akan tetap lancar so artinya secara tidak langsung Hiding box membantu dalam menjaga nafsu makan Ballpython

Substrate
Koran bekas merupakan substrat yang bagus untuk Ballpython, Hal ini dikarenakan Koran sangat praktis dan bersih serta mudah untuk diganti. Apabila Ballpython sudah dewasa idealnya bs menggunakan cypress bark karena sangat menyerap cairan dan bisa juga menjaga kelembaban kandang Ballpython. Substrat yg harus kita hindari untuk ball python antara lain: cedar (karena getahnya mengandung racun), pine dan aspen (karena dapat menggangu pernapasan Ballpython).

Pengatur suhu
Suhu ideal untuk kandang Ballpython adalah 27-32 derajat celcius di siang hari dan 22-28 derajat celsius di malam hari. Tidak ada salahnya untuk menyediakan pengatur suhu atau paling tidak termometer di dalam kandang untuk  memudahkan kita dalam memantau suhu kandang Ballpython.

Pencahayaan
Seperti kebanyakan reptil-reptil lainnya ballpyhon juga memerlukan sinar UVB, untuk memenuhi kebutuhan terhadap sinar UVB kita bisa menyediakan lampu Bohlam UVB. Tapi jika anda ingi berhemat, bisa juga dengan menjemur Ballpyhon antara pukul 7-11 pagi selama 15 menit.

Kelembaban Kandang Ball Python
Ballpython memerlukan kelembaban kandang 50-65%. Anda dapat membeli Hygrometer apabila ingin memantau kelembaban kandang Ballpython dengan mudah. Atau bisa juga diakali dengan menyediakan tembat minum yg relatif besar untuk menjaga kelembaban kandang.

Sebelumnya: Ball Python, Ular yang Mulai Banyak Dipelihara
Selanjutnya: Memberi Makan Ball Python