Rabu, 07 Maret 2012

Memberi Makan Ball Python

Menu makan ball python adalah tikus putih. Tikus yang diberikan untuk makan ball python tentunya menyesuaikan ukuran ball python yang akan diberi makan. Untuk ball python yang masih kecil anda dapat memberikan mencit dan untuk ball pyton dewasa dapat anda berikan tikus putih dewasa. Hal yang perlu diperhatikan dalam memberi makan ball python antara lain:

Jadwal Makan
Usahakan untuk memberi makan dengan interval waktu yang sama dalam memberikan makan untuk ball python peliharaan anda. Misalnya 1 minggu sekali, 3 hari sekali, atau 5 hari sekali. Hal ini agar nafsu makan ball python tetap terjaga.

Porsi makan
Dalam memebri porsi makan untuk ballpython diusahakan 75% dari kemampuan maksimal dia makan, contoh: ball python yang berdasarkan ukurannya sudah mampu makan 4 ekor Tiput kecil, cukup diberi makan 3 ekor tiput kecil, hal ini juga untuk menjaga nafsu makan dari ballpython sehingga kita bs menghindari yang namanya mogok makan.

Memberi tikus
Lebih baik jika diajarkan makan tikus yang baru saja mati atau yang sudah dibuat tidak sadarkan diri, hal ini untuk menghindari terjadinya perlawanan dari tikus yang akan dimakan yang memungkinkan melukai ballpyhon tersebut. Proses membiasakan ini tidaklah mudah karena secara alamiah, ular memang hanya memakan mangsa yang masih hidup.

Air
Air Bersih harus selalu tersedia di dalam kandang, karena selain sebagai air minum, air juga sebagai tempat berendam ball python disaat suhu dirasa tinggi dan juga untuk menjaga kelembaban kandang, jadi kalo bisa sediakan wadah air yg cukup untuk dipake ball python berendam. usahakan mengganti setiap hari air di kandang ball python dengan yang baru.

Sebelumnya: Kandang yang Ideal untuk Ball Python