Kamis, 08 Maret 2012

BATU KARANG LAUT

Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanhellae. Koloni karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut Polip.Terumbu karang merupakan tempat tinggal bagi berbagai spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya yang belum diketahui.


Terbentuknya Terumbu Karang
Bagi ahli geologi, terumbu karang merupakan struktur batuan sedimen dari kapur (kalsium karbonat) di dalam laut, atau disebut singkat dengan terumbu. Terumbu adalah batuan sedimen kapur di laut, yang juga meliputi karang hidup dan karang mati yang menempel pada batuan kapur tersebut. Secara fisik terumbu karang adalah terumbu yang terbentuk dari kapur yang dihasilkan oleh karang.Kerangka karang mengalami erosi dan terakumulasi menempel di dasar terumbu.



Lokasi Terumbu Karang

memperlihatkan peta lokasi sebaran ekosistem terumbu karang di seluruh dunia.
Berdasarkan distribusi geografinya maka 60% dari terumbu dunia ditemukan di Samudera Hindia dan Laut Merah, 25% berada di Samudera Pasifik dan sisanya 15% terdapat di Karibia. Pembagian wilayah terumbu karang dunia yang lain