Rabu, 14 Maret 2012

MANFAAT TERUMBU KARANG

Manfaat Terumbu Karang

Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanhellae.Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel. Adapun menfaat terumbu bagi manusi adan makhluk hidup lainny amatlah banyak, antara lain:

  • Sumber ikan dan makanan laut uniknya yang mengandung protein tinggi. Melindungi pantai dan penduduk dari benturan ombak dan arus.
  • Sumber penghasilan bagi nelayan (tangkapan ikan).
  • Sumber kekayaan laut yang bisa digunakan sebagai obat-obatan alami.
  • Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian.

Keadaan Terumbu Karang Indonesia

Luas terumbu karang Indonesia yang diperkirakan mencapai 60.000 km2 dengan Keadaan terumbu karang yang baik hanya 5,56%. Kerusakan terumbu karang ini dapat dibagi dalam 3 penyebab yaitu:
Faktor ketidaktahuan dan ketidakpedulian menyebabkan terjadinya kerusakan akibat polusi kimia dan sedimentasi yang disebabkan oleh pembuangan limbah industri ke sungai/laut, penambangan pasir laut dan pantai yang tidak ramah lingkungan, serta penambangan batu karang.
Kerusakan terumbu karang ini akan secara langsung akan berpengaruh pada kehidupan nelayan. Ikan menjadi susah didapat, hasil tangkapan merosot dengan akibat harga ikan akan menjadi mahal.